SRMI Bangun Posko Peduli Bencana Merapi Di Magelang

Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap para korban bencana letusan Merapi di Magelang, Jawa Tengah, dengan membangun Posko Peduli Bencana.

Posko itu didirikan di delapan kecamatan yang dianggap terkena dampak letusan merapi, yaitu Kecamatan Mungkid, Kecamatan Salam, Kecamatan Ngluwar, Kecamatan Salaman, Kecamatan Muntilan, kecamatan Mertoyudan, Kecamatan Srumbung, dan Kecamatan Borobudur.

Sementara posko induk, yang mengkoordinir dan menjadi sentral informasi seluruh posko, dibangun di Dusun Menayu, Desa Menayu, Kecamatan Muntilan.

Menurut koordinator posko Wahyu Sukmahadi, pihaknya telah menggalang bantuan berupa dana, makanan, dan pakaian bekas dari seluruh anggota SRMI, simpatisan, dan masyarakat luas.

Di posko induk, menurut Wahyu, lebih difokuskan untuk menampung ibu-ibu, balita, dan lansia.

“Ada banyak bayi yang kekurangan susu, bubur, dan pakaian balita di sini,” katanya kepada Berdikari Online.

Wahyu mengatakan pembangunan posko sudah dilakukan sejak tanggal 1 November dan sekarang mulai dipergunakan oleh para pengungsi.

Solidaritas

Salah satu kendala para pengungsi sekarang ini adalah jumlah penampungan yang sangat terbatas.

Padahal, pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah memperluas radius bahaya merapi dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer, sehingga jumlah pengungsi juga makin bertambah.

SRMI menganggap pembangunan posko ini sebagai bentuk solidaritas terhadap para korban letusan merapi.

“Pemerintah sangat lamban dan bekerja. Kami harus turun tangan untuk membantu dan menolong rakyat yang menjadi korban,” ujar Wahyu.

Wahyu mengharapkan agar masyarakat luas bisa menyalurkan bantuan, terutama obat-obatan, makanan, dana, dan perlengkapan bayi, untuk membantu meringankan beban korban merapi.

Bantuan itu dapat disalurkan di posko-posko SRMI ataupun posko-posko peduli bencana lainnya di lokasi terdekat.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut