Rusia Hapus 90 Persen Utang Kuba

Putin-Castro.jpg

Pada hari Jumat (10/7) lalu, Rusia akhirnya menghapus 90% dari total 35,2 milyar USD utang Kuba semasa Uni Soviet. Keputusan ini diambil hanya beberapa saat sebelum kunjungan Presiden Rusia, Vladimir Putin, ke Kuba dan sejumlah negara Amerika Latin.

Keputusan ini, yang mulai digagas sejak Oktober 2013 lalu, menghapus 32 milyar USD utang Kuba. Sementara sisanya, yakni 3,2 milyar USD, akan dibayar oleh Kuba melalui proyek-proyek investasi bersama pemerintah Kuba dan Rusia.

“Proyek ini dimaksudkan untuk pembangunan sosial dan ekonomi Kuba. Kami berharap, proyek ini bisa terbukti bermanfaat,” kata Putin dalam wawancara dengan kantor berita Kuba, Prensa Latina, Jumat (11/7/2014).

Keputusan Putin ini didukung oleh parlemen (Duma). Dalam Sidang Duma pada Jumat (4/7) lalu, Duma menyetujui untuk meratifikasi proposal penghapusan utang tersebut.

Utang ini sendiri sempat menjadi subjek pertengkaran antara Rusia dan Kuba. Pasalnya, begitu Uni Soviet bubar, Federasi Rusia mengklaim sebagai pewaris piutang-piutang Soviet.

Sebaliknya, Kuba menolak klaim tersebut. Bagi Kuba, dengan bubarnya Uni Soviet, maka utang Kuba pun hilang. Selain itu, utang dengan mata uang yang berbeda tidak dibenarkan.

Memang, sejak beberapa tahun terakhir, Kuba melakukan restrukturisasi utang besar-besaran. Tiga tahun lalu, Kuba berhasil merestrukturisasi 6 milyar USD utangnya kepada Tiongkok. Kemudian, pada tahun 2012, Jepang juga menghapus 1,4 milyar USD utang Kuba.

Baru-baru ini Meksiko ‘mengampuni’ 478 juta USD utang Kuba. Dan sebaliknya, Kuba hanya akan membayar utangnya sebesar 146 milyar USD kepada Meksiko dalam jangka waktu sepuluh tahun.

Putin sendiri tiba di Havana, Kuba, pada hari Jumat (11/7) lalu. Selain bertemu dengan pemerintah Kuba, Putin juga menyempatkan diri bertatap muka dengan legenda revolusi Kuba, Fidel Castro.

Selain mengunjungi Kuba, Putin juga mengunjungi Argentina dan Brazil. Selanjutnya, Putin juga akan menghadiri pertemuan BRICS ke-VI di Fortaleza, Brazil.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • Oki

    keduanya merupakan perwujudan dari mindset seorang pemimpin bukan pebisnis.
    Congrats for both of you