Relawan Jokowi Adakan Kursus Menulis Gratis

Dalam rangka memassifkan agenda perubahan,  Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Bara JP atau Relawan Jokowi) akan mengadakan kursus menulis gratis bagi anggotanya.

“Filosofi dari latihan menulis adalah latihan mengemukakan aspirasi dan gagasan,” kata  Erwin Niwattana Sitompul, Ketua Relawan Jokowi, di Jakarta, Sabtu (10/8/2013).

Menurut Erwin, perubahan harus dilakoni dengan pikiran cerdas dan tindakan konkret. Menulis merupakan salah satu media untuk mengekspresikan gagasan-gagasan perubahan itu. “Jokowi adalah simbol perubahan. Anggota harus terlatih mengemukakan pendapat itu,” ujarnya.

Erwin mengungkapkan, klas pertama akan dibuka tiga hari penuh, yakni Minggu 18/8, Sabtu 24/4 dan Minggu 25/8. Materi dasar pelatihan yang diberikan adalah praktik free writing dan aplikasi metode buku Peter Elbow, Writing Without Teachers.

Selain itu, ada pelatihan mengenai menulis artikel atau opini, menulis feature atau seni, mengelola blog, dan materi lainnya. “Tidak dipungut biaya, kecuali patungan makan siang maksimum Rp 15 ribu per orang,” ujarnya.

Mereka yang berminat diberi kesempatan mendaftar via email  [email protected].  Syaratnya pun sangat ringan, yakni tiap peserta sudah melek huruf.

Dalam pelatihan ini, para peserta akan diasuh oleh wartawan aktif, seperti Harry Patty, Selamet Susanto, Aditya L Djono, Anselmus Bata, Sihar Ramses Simatupang, Dwi Argo Santosa, Alex Madji dan Sihol Manullang.

“Mereka bukan akademisi, tetapi praktisi yang juga mengetahui dasar-dasar teori,” tutur Erwin.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut