Protes Kenaikan Harga BBM Di Depan Kampus Unhas Berakhir Bentrok

Aksi massa menolak kenaikan harga BBM di depan kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/3/2012) siang, berakhir dengan bentrokan antara mahasiswa versus polisi.

Awalnya, puluhan mahasiswa menggelar aksi massa di pintu I Unhas. Beberapa saat kemudian, mahasiswa menahan dan merusak sebuah mobil plat merah milik dinas kehutanan.

Mahasiswa juga berusaha menyandera sebuah mobil tangki. Upaya penyanderaan ini coba dihalangi oleh polisi. Namun, Kapolsek Tamalanrea yang berusaha menghentikan aksi penyanderaan itu justru jadi sasaran mahasiswa.

Begitu hujan mulai mereda, mahasiswa kembali berusaha mendatangi SPBU yang berada di depan Kampus. “Bensin gratis..bensin gratis..bensin gratis,” teriak mahasiswa. Namun, upaya mereka digagalkan oleh petugas SPBU.

Mahasiswa kembali ke pintu I Unhas. Sejurus kemudian, sebuah mobil pengangkut tabung gas lewat di depan aksi massa tersebut. Mahasiswa menahan mobil pengangkut tabung gas tersebut.

Mahasiswa membagi-bagikan tabung gas kepada masyarakat di sekitar lokasi aksi dan mereka yang melintas di depan kampus. Seluruh isi truk pengangkut tabung gas itu habis dibagi-bagikan.

Puncaknya, mahasiswa menyandera sebuah mobil pengangkut minuman kemasan. Kaca mobil hancur dan isinya diambil oleh mahasiswa. Mahasiswa juga membalik mobil tersebut dan membakarnya.

Akhirnya, pasukan kepolisian dengan water canon tiba di lokasi aksi. Polisi pun berusaha membubarkan aksi ini dengan menggunakan water canon. Bentrokan pun pecah antara polisi dengan mahasiswa.

Polisi berhasil mendesak mahasiswa ke dalam kampus. Tidak diketahui berapa jumlah orang yang luka dalam bentrokan ini.

ARHAM T

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut