Polisi Represi Gerakan Pro-Demokrasi Di Malaysia

Gerakan pro-demokrasi Malaysia kembali tumpah-ruah di jalanan kota Kuala Lumpur, Malaysia, sejak Sabtu (27/4/2012) malam. Jumlah massa aksi diperkirakan mencapai 100.000 orang.

Mereka berkumpul di lapangan merdeka sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Sebagian besar massa mengenakan kaos kuning dengan tulisan “Bersih 3.0.” Ini adalah nama gerakan pro-demokrasi di Malaysia.

Polisi sejak awal tidak setuju dengan rally ini. Mereka mengepung lokasi dan membuat barikade untuk mencegah gelombang massa memasuki lokasi. Massa aksi tak henti-hentinya meneriakkan “Bersih..Bersih..Bersih”—merujuk pada tuntutan pemilu bersih dan demokratis.

Ketika massa sudah terkumpul, Polisi mulai melancarkan serangan. Sedikitnya 1600 orang dilaporkan ditangkap. Ini memicu kemarahan massa pro-demokrasi.

Dalam sebuah insiden, The Star melaporkan adanya pernyataan Kepala Polisi, Datuk Amar Singh, tentang adanya sebuah mobil polisi yang terbalik. Wartawan Malaysian Digest, mobil tersebut dibalikkan di depan pusat perbelanjaan Sogo di jalan Tengku Abdul Rahman.

Laporan Malaysia terkini menyebutkan, mobil tersebut sengaja menabrak massa aksi dan menyebabkan tiga orang terluka. Massa yang marah kemudian melempari mobil itu dan membaliknya.

Protes hari ini makin menguatkan oposisi terhadap pemerintahan Barisan Nasional/UMNO. Gerakan bersih tidak akan berhenti sebelum terbukanya proses demokratis dan kebebasan di negeri bekas kolonia Inggris tersebut.

ALI RAHMAN

[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=czoRA9LxnbQ[/youtube]

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut