Peringati Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Bagikan Selebaran Di Jakarta

Momentum peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Senin (1/6/2015), puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Gerakan Mahasiswa Indonesia (SGMI) membagi-bagikan selebaran di sejumlah titik di Jakarta, yakni Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan sejumlah pasar rakyat.

Di bundaran HI, mereka membagi-bagikan selebaran kepada para pengguna jalan. Tidak hanya itu, mereka juga menggelar orasi dan membentangkan spanduk bertuliskan “Kembali Pada Pancasila dan UUD 1945 Dengan Menjalankan Trisakti Bung Karno”.

Dalam asi tersebut, Ketua Umum Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Lidya Natalia Sartono mengatakan, aksi ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap penyelenggaraan kehidupan berbangsa yang makin jauh dari Pancasila dan UUD 1945.

“Kami mau mengingatkan kepada Jokowi-JK atas janji-janjinya pada saat kampanye, yakni meneguhkan kembali pancasila dan UUD 1945 dengan jalan Trisakti Bung Karno sebagai dasar dalam menjalankan roda pemerintahan serta kebijakan-kebijakannya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) menjelaskan arti penting kembali pada Pancasila dan UUD 1945 untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

“Masyarakat adil dan makmur tidak mungkin tercapai tanpa bangsa yang berdaulat, bangsa yang mandiri, dan bangsa yang berkepribadian,” tandasnya.

Dalam siaran persnya, SGMI mengeritik pemerintahan Jokowi-JK yang terlihat serius menegakkan Trisakti. Malahan, banyak kebijakann pemerintahan yang berusia 7 bulan ini terlihat melanjutkan kebijakan neoliberal rezim sebelumnya.

“Pemerintahan Jokowi-JK sangat bergantung pada modal asing. Jokowi-JK juga mengalihkan tata-niaga sejumlah barang publik, seperti BBM, listrik, gas elpiji, tarif transportasi, dan lain-lain, kepada mekanisme pasar,” demikian tulisnya.

SGMI merupakan gabungan dari sejumlah organisasi mahasiswa tingkat nasional, yakni Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PMKRI), Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia  (KMHDI), dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut