PBB Puji Kontribusi Kuba Memerangi Kolera Di Haiti

Kuba.jpg

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengapresiasi kontribusi Kuba dalam menghadapi penyakit kolera di Haiti. Menurut pejabat PBB, Kuba berada di garis depan dalam menghadapi epidemi sekaligus mengobati korban penyakit kolera di Haiti.

Asisten Sekretaris Jenderal PBB, Pedro Medrano Rojas, mengatakan, negara-negara lain perlu mencontoh kepeloporan Kuba dalam kerja solidaritas untuk menolong bangsa lain yang terkena bencana.

“Kami berharap, contoh Kuba bisa diikuti oleh negara lain, sebagai contoh yang mampu menyelamatkan banyak nyawa di Haiti, meskipun berhadapan dengan kondala ekonomi dan kesulitan lain,” kata Rojas.

Rojas, yang juga petinggi senior PBB  untuk urusan kolera di Haiti, berencana berkunjung ke Havana, Kuba, untuk bertemu dengan pejabat kesehatan negeri komunis tersebut.

“Kami ingin mengenali pekerja heroik dan luar biasa dari Brigade Kesehatan Kuba di Haiti, yang telah menyelamatkan ribuan nyawa, sekaligus menjelajahi kemungkinan lain untuk bekerjasama,” kata Rojas.

Ia juga berharap akan bertemu dengan pengembang vaksin oral kolera di Kuba. Menurutnya, vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi negara Kuba itu terbukti lebih ampuh ketimbang vaksin-vaksin yang ada sekarang.

Untuk diketahui, sejak tahun 2010, wabah kolera mengamuk di Haiti. Sedikitnya 700.000 penduduk Haiti terkena wabah kolera. Hingga November 2014, sebanyak 8.721 orang meninggal karena kolera.

Wabah itu menyebar tak lama setelah gempa bumi dahsyat menghantam Haiti pada tahun 2010. Brigade kesehatan Kuba merupakan kontingen pekerja kesehatan asing pertama yang tiba di Haiti pasca gempa. Tak hanya itu, kontingen kesehatan Kuba juga menjadi kontingen kesehatan paling besar dan menjangkau paling luas korban kolera di Haiti. Untuk diketahui, brigade kesehatan Kuba merawat sekitar 40 persen penderita kolera di Haiti.

Jumlah anggota Brigade Kesehatan Kuba yang bekerja di Haiti sudah mencapai 1.400 orang. Mereka bekerja di berbagai klinik, rumah sakit, dan pusat-pusat kesehatan di seluruh Haiti.

Menurut catatan resmi, brigade kesehatan Kuba telah melakukan tindakan medis sebanyak 22 juta kali. Sebanyak 680 ribu kali diantaranya dilakukan dengan mengunjungi pasien dari rumah ke rumah. Brigade kesehatan Kuba juga telah melakukan 400-an ribu kali operasi medis.

Selain melakukan pengobatan terhadap Kolera, Brigade Kesehatan Kuba juga menyelenggarakan pengobatan mata gratis. Mereka juga membantu Haiti membenahi sistim kesehatannya dengan melakukan pelatihan kesehatan gratis kepada pemuda-pemudi Haiti.

Tidak hanya itu, Kuba juga telah membawa 550-an pemuda Haiti untuk belajar gratis di di Sekolah Kedokteran Amerika Latin (ELAM), yang didirikan oleh pemerintah Kuba pada tahun 1999 guna mendidik pemuda-pemudi dari berbagai belahan dunia dengan ilmu kedokteran secara gratis.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut