Massa Nasdem Bubarkan Aksi Solidaritas Untuk Luviana

Belum juga berkuasa, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sudah memperlihatkan budaya anti-demokrasi. Rabu (16/1), puluhan kader Nasdem membubarkan aksi damai yang dilakukan oleh Aliansi Melawan Topeng Restorasi (Metro) dan Solidaritas untuk Luviana (Sovi).

Kejadian itu berlangsung di depan kantor Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat. Saat itu, puluhan aktivis yang hendak bersolidaritas untuk Luviana, karyawan Metro TV yang di-PHK sepihak, diintimidasi dan tiba-tiba diserang oleh puluhan orang berseragam Satgas Gemuruh Nasdem.

Penyerangan itu berlangsung sangat brutal. Sejumlah massa aksi dipukuli. Mobil pengangkut soundsystem diobrak-abrik. Sejumlah peserta aksi dikejar-kejar oleh anggota Nasdem. Sejumlah anggota kepolisian yang berada di lokasi tak kuasa menghentikan kebrutalan anggota Nasdem.

Akibat aksi brutal kader Nasdem itu,  7 orang aktivis Solidaritas untuk Luviana mengalami luka-luka. Diantaranya: Fajar (Sanggar Talang), Maruli Rajagukguk (LBH Jakarta), Ruby Adeana (FMKJ), Fajar (GMI), Rio Aulia (AJI Jakarta), dan lain-lain.

“Saat itu kami hendak menyerahkan surat rekomendasi Komnas HAM dan Komnas Perempuan kepada Surya Paloh,” kata Maria Sahida, salah seorang aktivis yang tergabung dalam Solidaritas untuk Luviana.

Seperti diketahui, Surya Paloh merupakan pemilik Metro TV dan sekaligus petinggi partai Nasdem. Solidaritas untuk Luviana mendesak agar Surya Paloh selaku bos Metro TV mempekerjakan kembali Luviana.

Luviana adalah jurnalis Metro TV yang dibebas-tugaskan pada 30 Februari 2012 dan kemudian di-PHK pada 27 Juni 202 tanpa keterangan yang jelas. Selama bekerja di Metro TV, Luviana aktif memperjuangkan perbaikan kesejahteraan pekerja. Ia juga membangun Serikat Pekerja untuk memperjuangkan hak-hak pekerja itu.

Selain itu, Luviana memperjuangkan pembenahan di sistim internal keredaksian Metro TV, khususnya perbaikan sistem penilaian kerja yang obyektif dan perbaikan program siaran agar lebih sensitif terhadap gender dan HAM.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut