Long March Petani Jambi: Petani Datangi Kantor Gubernur Dan DPRD Sumsel

Puluhan petani Jambi, yang sedang melakukan aksi jalan kaki (long march) dari Jambi ke Jakarta (1000 km), mendatangi kantor Gubernur dan DPRD Sumatera Selatan, Kamis (20/12/2012).

Menurut koordinator aksi, Andi Syahputra, kedatangan mereka kedua kantor pemerintah Sumsel itu adalah untuk meminta dukungan politik terkait penyelesaian berbagai konflik agraria di Indonesia, termasuk di Jambi.

“Kami meminta dukungan politik dari mereka. Selain itu, kami mendesak mereka memberikan jaminan keamanan selama petani melintasi wilayah Sumsel,” kata Andi Syahputra.

Di kantor Gubernur Sumsel, petani menggelar orasi politik secara bergantian. Seruan “Tanah untuk Rakyat” bergema berulang-kali. Aksi petani ini juga diikuti oleh sejumlah aktivis pergerakan di Sumsel, seperti LMND, SRMI, dan PRD.

Tak lama kemudian, Asisten I Pemerintah Provinsi Sumsel, Mukti Sulaeman, keluar menemui para petani. Di hadapan para petani, Ia menyatakan dukungan atas penyelesaian konflik agraria di Jambi. Tidak hanya itu, Pemprov Sumsel juga memberikan bantuan logistik untuk perjuangan petani.

Usai menggelar aksi di kantor Gubernur, petani dan aktivis pergerakan Sumsel kemudian bergerak ke kantor DPRD Sumsel. Di sana mereka diterima oleh Fraksi Gerindra DPRD Sumsel.

Pihak Fraksi Gerindra Sumsel juga menyatakan mendukung perjuangan petani. Dukungan itu dibubuhkan dalam bentuk tanda-tangan petisi untuk perjuangan petani Jambi.

Kondisi kesehatan petani menurun

Sementara itu, menurut Korlap aksi Andi Syahputra, kondisi kesehatan petani Jambi setelah 9 hari melakukan long-march agak menurun. Beberapa petani mulai terserang penyakit.

Dua orang petani, Giran (35 tahun) dan Abdul Latief (49 tahun), terserang penyakit demam tinggi. Kedua petani asal dusun Kunangan Jaya II, Batanghari, itu sedang menjalani perawatan intensif.

Saat ini petani sedang beristirahat di posko Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kota Palembang. Menurut rencana, pada hari Jumat (21/12) besok, petani akan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut