LMND Gowa Gelar Seminar Pendidikan

Aksi Hardiknas.jpg

Pengurus Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) kota Gowa, Sulawesi Selatan, bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Bidik Misi (HIMABIN) UIN Alauddin Makassar menggelar seminar bertajuk ‘Menelaah Kembali Orientasi Pendidikan Nasional’ di Kampus II UIN Alauddin Makassar, Gowa, Senin (4/5/2015).

Ketua LMND Kota Gowa, Igaruddin, mengatakan, seminar ini merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2015 sekaligus meneropong keadaan pendidikan nasional saat ini.

Seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara, yakni Dr. Hasim Hadade S. Ag M.ag (Wakil Dekan III Fakultas Saintek UIN Alauddin Makassar), Ahmad Kaimuddin (Ketua LMND Sulsel), dan Elly Oschar (Sekretaris KNPI Sulsel).

Dalam pemaparannya, Dr Hasim menanggap pendidikan Indonesia saat ini sudah sangat darurat. “Pemerintah harus berbedah jika tidak ingin tertinggal dari negara-negara lain,” ujarnya.

Ia mengusulkan agar pendidikan nasional kita lebih mengembangkan pendidikan karakter. Maklum, kata dia, selama ini pendidikan kita hanya memberikan ilmu sesuai kebutuhan pasar.

“Penanaman nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa sangat minim, sehingga lulusan pendidikan kita kurang memiliki karakter dan nilai-nilai spiritualitas,” paparnya.

Sementara itu, Ahmad dari LMND menyoroti soal arti penting pendidikan sebagai instrumen dalam pembangunan bangsa. Karena itu, pendidikan harus dibuka selebar-lebarnya agar bisa diakses oleh seluruh rakyat.

“Menjadi tanggung-jawab negara untuk membuat pendidikan itu gratis dan berkualitas, supaya bisa dijangkau oleh seluruh warga negara dan memajukan pengetahuan bangsa,” tegasnya.

Pendapat Ahmad tersebut diamini oleh Elly Oschar dari KNPI. Menurutnya, negara memang harus memperbesar perannya dalam membiayai dan memajukan pendidikan.

Seminar ini dihadiri oleh sedikitnya 250-an orang mahasiswa. Kegiatan ini juga diwarnai dengan pementasan seni tari ‘Padduppa’ dan pembacaan puisi.

ERWIN PATTIKALOBA

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut