Lebih dari 12.000 Mahasiswa Venezuela Aksi Mendukung Dokter Komunitas

Lebih dari 12.000 mahasiswa Venelzuela melakukan aksi di Caracas pada hari Sabtu (5/11) dalam rangka mendukung Program Nasional Pengobatan Integral Komunitas, yang diadakan oleh Pemerintahan Bolivarian sejak tahun 2005.

Rektor Universitas Bolivarian Venezuela, Angel Moros, yang bergabung dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa aksi dilakukan untuk menghadapi kampanye mencoreng yang dilakukan oleh sebuah kelompok oposisi di Venezuela yang menentang program pendidikan ini.

“Kami hanya ingin menarik perhatian pada fakta bahwa mereka tidak memberikan argumentasi apa yang harus dilakukan terhadap masalah kesehatan rakyat” kata Moros, menambahkan bahwa “kepentingan para pendengki” berada di balik kampanye hitam tersebut.

Pada bulan depan sebanyak 8.250 orang Venezuela akan lulus sebagai Dokter Komunitas Integral, setelah menerima pelatihan berkualitas tinggi selama 6 tahun di Universitas Bolivarian Venezuela. Oposisi di negeri tersebut telah mengkritik program ini, mengatakan bahwa periode 6 tahun tidak cukup untuk melatih seorang dokter.

“Tetaplah menjaga derajat dan itikat bulat yang telah anda tunjukkan selama tahun-tahun yang sudah dilalui, karena itu berarti anda telah melakukan usaha yang sangat besar,” kata Moros di hadapan para profesional baru tersebut.

Pada bagiannya, rektor UNEFA (Universitas Politeknik Nasional Angkatan Bersenjata Bolivarian) Jesus Gonzalez mengingatkan bahwa gelar Pengobatan Komunitas Integral merupakan program yang harus disetujui oleh Dewan Nasional Universitas-Universitas.

Gonzalez meminta penghormatan terhadap para profesional ini, yang juga didukung oleh Hukum Pengobatan, yang menetapkan pencantuman dokter komunitas integral ke dalam sistem kesehatan masyarakat nasional.

Program Nasional tentang Pengobatan Komunitas Integral diadakan melalui sebuah persetujuan yang ditandatangani oleh Presiden Kuba, Fidel Castro, dan Presiden Hugo Chavez pada tanggal 21 Agustus 2005.

Persetujuan ini, yang dinamakan Komitmen Sandino, bermaksud untuk mendidik para profesional di lapangan kesehatan untuk negara-negara di benua Amerika dan kepulauan Karibia. (AVN)

Sumber: Artikel ini diterjemahkan oleh Dominggus Oktavianus dari Venezuela Analysis

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • anhar

    Kapan yah Indonesia bisa seperti itu…..