Ini Alasan PRD Sulteng Dukung Paslon Rusdi Mastura-Ilham

Momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, yang akan berlangsung tanggal 9 Desember mendatang, bisa menjadi ruang politik untuk memenangkan kekuasaan politik lebih progressif di tingkat lokal.

Hal itulah yang menjadi alasan bagi Komite Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Demokratik (KPW PRD) Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk terjun dalam kontestasi politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulteng tahun 2015 ini.

Untuk Pilgub Sulteng 2015, KPW PRD Sulteng sudah menyatakan dan menegaskan dukungan politiknya kepada pasangan calon nomor urut 1, yaitu Rusdi Mastura dan Ihwan Datu Adam.

Menurut Wakil Sekretaris PRD Sulteng Muhamad Ikbal Ibrahim, dukungan politik terhadap pasangan Rusdi Mastura-Ihwan didasarkan pada kesamaan program, terutama di bidang ekonomi.

“Dari dua pasangan calon yang bertarung di Pilgub Sulteng kali ini, program pasangan dari Rusdi-Ihwan yang paling dekat dengan program kita (PRD),” ujar Ikbal.

Menurut Ikbal, dalam program ekonominya paslon Rusdi-Ihwan banyak bicara soal pemberdayaan ekonomi rakyat dan penguatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dalam hal ini, pasangan Rusdi-Ihwan menginginkan peningkatan peran BUMN dalam mengelola kekayaan alam daerah.

“Dia selalu menginginkan peran BUMN diperkuat, tapi tidak birokratis. Melainkan dikelola secara efektif agar lebih produktif dan mendatangkan manfaat bagi rakyat,’ jelasnya.

Dalam konteks itu, kata Ikbal, PRD mengusulkan ke pasangan Rusdi-Ihwan untuk memperkuat kepemilikan BUMD di perusahaan-perusahaan asing, khususnya tambang, melalui jalan divestasi.

“Kami menyebut ini politik divestasi. Jadi, Pemda mendorong penguatan pemilikan saham BUMD di perusahaan-perusahaan tersebut,” paparnya.

Alasan lainnya, lanjut Ikbal, adalah komitmen Rusdi Mastura pada hak azasi manusia (HAM). Itu, katanya, dibuktikan saat menjadi Walikota Palu dengan mendorong rekonsiliasi dengan korban 1965 setelah sebelumnya meminta maaf.

Selanjutnya, kata Ikbal, selama menjadi Walikota Palu dua periode, Rusdi juga kerap turun langsung ke lapangan ketika terjadi konflik sosial.

Disamping itu, tutur Ikbal, ketika menjabat Walikota Palu, Rusdi tidak sulit ditemui oleh rakyat biasa. Rusdi juga terbuka menerima masukan dari aktivis dan gerakan rakyat.

Terkait dukungan itu, PRD Sulteng sudah membentuk deks Pilkada yang bertugas mengorganisasikan kerja-kerja partai untuk memenangkan paslon yang didukung oleh PRD di Pilgub Sulteng.

“Kita bertekad memastikan kemenangan paslon Rusdi-Ilham di basis-basis kita,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pilgub Sulteng 2015 ini akan diikuti oleh dua pasangan calon, yaitu Rusdi Mastura-Ihwan Datu adam dan Longki Djanggola-Sudarto.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut