Front Kiri Kembali Berkuasa Di Tripura India

CPI-M Tripura

Hasil pemilihan di negara bagian Tripura, India, cukup mengesankan. Betapa tidak, kelompok kiri kembali berkuasa untuk kelima kalinya secara berturut-turut setelah memenangkan Pilkada setempat.

Dua partai kiri, yakni Partai Komunis India-Marxis (CPI-M) dan Partai Komunis India (CPI), yang bernaung di bawah payung Front Kiri, berhasil merebut 50 kursi dari total 60 kursi. Sedangkan 10 kursi sisanya jatuh ke tangan partai berkuasa, Partai Kongres, yang dulu didirikan oleh Gandhi.

Kaum komunis sudah berkuasa di Tripura selama 7 periode sejak 1978. Mereka hanya mengalami sekali kekalahan tipis pada periode 1988-1993. Setelah itu, kaum komunis kembali menang dan terus berkuasa hingga sekarang ini.

Lebih dari 2 juta pemilih datang ke TPS pada tanggal 14 Februari lalu. Namun, menjelang penutupan TPS, antrean pemilih masih panjang. Akhirnya, proses pemungutan suara pun diperpanjang. Tingkat partisipasi dalam Pilkada Tripura ini mencapai 94 persen.

Banyak analis politik menyimpulkan, faktor kunci kemenangan front kiri di Tripura adalah karena mereka dianggap bersih dan terbebas dari praktek korupsi. Sebaliknya, saingan politik mereka, yakni partai Kongres, terjebak skandal korupsi.

Pada tahun 1952, ketika Tripura belum menjadi negara bagian, kaum komunis sudah menang pemilu. Keberhasilan pemerintahan komunis sangat dihargai oleh rakyat di negara bagian Tripura ini.

Sebetulnya, selain Tripura, komunis India juga dominan di dua negara bagian lainnya, yakni Kerala dan Bengal Barat. Namun, di kedua daerah itu, kaum komunis kalah dalam pemilu baru-baru ini.

Menghadapi pemilu nasional India 2014, kaum komunis sangat percaya diri. Partai berkuasa, yakni partai kongres, kehilangan popularitas karena kebijakan neoliberal dan skandal korupsi. Dan partai komunis dianggap paling siap untuk memanfaatkan peluang ini.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut