Forum Sosial Dunia Berlangsung Di Tunisia

Karnaval pembukaan Forum Sosial Dunia (WSF) di Tunis, Tunisia.

Puluhan ribu orang aktivis berbaris di jalanan kota Tunis, Ibukota Tunisia, Selasa (26/3) untuk menandai pembukaan pertemuan akbar Forum Sosial Dunia (WSF) ke-13.

Panitia memperkirakan ada 50.000 orang aktivis yang berpartisipasi dalam acara pembukaan ini. Lalu, ada 30.000 orang yang akan menjadi partisipan dalam pertemuan akbar kaum progressif ini. Mereka berasal dari 5000 organisasi dari 127 negara.

Forum Sosial Dunia, yang digagas di Brazil tahun 2001, merupakan pertemuan tandingan terhadap pertemuan kaum elit dan kerajaan bisnis dunia, Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum), yang berlangsung di Davos, Swiss.

Tema pertemuan WSF untuk tahun ini adalah “Freedom and Dignity”, yang diinspirasi oleh kebangkitan Revolusioner rakyat Tunisia untuk menggulingkan rezim Zine El Abidine Ben Ali pada Januari 2011. Dan seperti anda ketahui, Revolusi Tunisia menginspirasi revolusi serupa di negara-negara Arab lainnya—sering disebut “Arab Spring”.

Acara pembukaan berlangsung di stadion Menzah. Sejumlah tokoh perempuan progressif dari berbagai negara, seperti Palestina, Afrika Selatan, Tunisia, dan Amerika Serikat, naik ke panggung. Salah satunya adalah Besma Khalfaoui, istri dari Chokri Belaid, tokoh partai kiri Tunisia yang dibunuh akhir bulan lalu.

Menurut panitia penyelenggara, penonjolan perempuan dalam acara pembukaan ini merupakan respon bangkitnya kelompok religius fundamentalis dan sistem patriarkal di berbagai belahan dunia. “Kami memutuskan ini karena perempuan berjuang di kawasan ini,” kata Hamouda Soubhi, aktivis dari Maroko.

Dalam acara ini, sebuah penghormatan khusus kepada pemimpin Revolusi Bolivarian, Comandante Hugo Chavez, yang meninggal dunia pada tanggal 5 Maret 2013 lalu. Tak hanya itu, banyak peserta memegang poster dan foto Comandante Chavez.

Usai pidato pembukaan, musisi revolusioner dari Brazil, Gilberto Gil, naik ke panggung. Beberapa lagu yang dinyanyikan Gil, antara lain, lagu dari Bob Marley dan John Lennon. Gil pernah menjadi Menteri Kebudayaan Brazil di era pemerintahan Lula Da Silva.

Berbagai isu akan dibahas di Forum Sosial Dunia ini, seperti krisis kapitalisme, utang luar negeri, ekologi, perempuan, Hak Azasi Manusia, pertanian, imigrasi, dan lain-lain. Panitia juga mengumumkan bahwa ada 70-an pertunjukan musik, 100 pemutaran film, dan ribuan workhsop dalam acara kali ini.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut