Demi Perbaikan Jalan, FPRM Blokade Jalanan

RATUSAN warga yang terdiri dari pemuda tani Rawas Ilir yang mengatasnamakan Front Masyarakat Rawas Ilir Menggugat (FPRM) menggelar aksi massa, Sabtu (14/01). Aksi yang bertempat di jembatan penghubung Desa Beringin Makmur I dan Beringin Makmur II, kecamatan rawas Ilir, kabupaten Musi Rawas, Sumatera selatan itu diwarnai aksi pemblokiran jalan.

Dalam aksinya, FPRM menuntut kepada Bupati Musi Rawas untuk melakukan perbaikan jalan yg rusak parah serta meminta Pengerasan jalan Aspal beton di desa tersebut. “Kami tidak akan berhenti melakukan aksi sampai Bupati Musi Rawas yang sejak 2005 berjanji pada warga akan memperbaiki jalan tidak segera melakukannya,” tegas Darmawan, koordinator lapangan (korlap) dalam orasinya.

Massa aksi melakukan pemblokiran jalan dengan melarang mobil perusahaan PT Triaryani, PT Gorby dan perusahaan perkebunan sawit PT London Sumatera untuk melintasi jalanan tersebut sebelum ada komitmen dari Bupati Musi Rawas. Mereka meminta, Bupati turun kelapangan dan segera menganggarkan dana untuk perbaikan jalan di dalam APBD Kabupaten Musi Rawas.

Sementara itu, Ketua Partai Rakyat Demokratik (PRD) Sumatera Selatan, Eka Subakti yang turut hadir menyampaikan dukungannya mengatakan, persoalan perbaikan jalan ini telah disampaikan warga saat PRD menyelenggarakan pendidikan di desa Bingin Teluk beberapa waktu lalu.

“Semestinya Bupati dan anggota DPRD terutama dari dapil setempat berjuang untuk perbaikan jalan tersebut namun justru Bupati lebih mengakomodir perusahaan pertambangan batubara seperti PT. Triaryani, PT. Gorby dan perusahaan perkebunan sawit PT London Sumatera,” tegas Eka.

Lebih jauh dalam orasinya Eka mengatakan, apa yang dilakukan oleh pemerintahan di rawas hilir sudah jelas melenceng dari semangat pasal 33 UUD 1945. Ia menyatakan dengan tegas bahwa PRD siap mendukung aksi aksi rakyat tani Rawas Ilir.

“Kami meminta organisasi-organisasi massa di Musi Rawas untuk menyatukan diri dalam Front Persatuan, mari kita gotong royong menyelamatkan bumi, air berserta isi yang terkandung didalam nya untuk kemakmuran rakyat. Tuntutan pengaspalan jalan ini adalah langkah awal persatuan rakyat,” pungkasnya.

Indah Prayogo

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut