Besok, Buruh PT LinkNet Duduki Disnaker Tangerang

Buruh PT. LinkNet, anak perusahaan PT First Media Tbk yang bergerak di bidang internet pita lebar (broadband), akan menduduki kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang, besok (29/4/2013).

Buruh PT. LinkNet, yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI), akan membawa tiga tuntutan pokok, yaitu pekerjakan kembali 3 buruh yang dipecat, menuntut status karyawan tetap, dan review sistem ketenagakerjaan di LinkNet/PT. FirstMedia Tbk.

Menurut Ketua FNPBI PT LinkNet, Jery Elsa Saputra, pihaknya sudah lama menuntut kesejahteraan dan status kerja di perusahaan tersebut. Bahkan, untuk tujuan itu, mereka sudah membentuk serikat buruh, yakni FNPBI.

Sayang, kata Jery, itikad baik mereka tidak mendapat respon dari pihak perusahaan. “Dua kali kami (SP FNPBI PT LinkNet) mengirimkan surat Audensi lisan dan tertulis kepada perusahaan, tetap tidak ada tanggapan yang positif,” ujarnya.

Jery pun menyebut dua pelanggaran utama PT. LinkNet, yaitu pelanggaran terhadap kebebasan berserikat sebagaimana diatur pasal 28 dan 43 UU nomor 21 tahun 2000 dan Perjanjian Kerja untuk Waktu Tertentu (PKWT) melanggar UU No. 13 Tahun 2003.

“Banyak pekerja kontrak PT LinkNet yang sudah bekerja melebihi batas tenaga kontrak  kerja. Artinya, mereka seharusnya sudah diangkat sebagai karyawan tetap. Selain itu, perusahaan terkesan anti serikat buruh,” ungkap Jery.

Menurut Jery, aksi pendudukan di Disnaker Kota Tangeran akan berlangsung hingga perusahaan merespon tuntutan pekerja. “Kami tidak akan berhenti sebelum perusahaan merespon tuntutan kami,” tegasnya.

Ulfa Ilyas 

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut