Bapak Ini Jualan Es Krim Sambil Gelar Lapak Buku Gratis

Tekad seorang penjual es krim keliling untuk menaikkan tingkat literasi anak bangsa. Disamping berjualan, dia juga menggelar lapak baca buku gratis.

Mbak Buyut, 68 tahun, warga Mataram Baru, Lampung Timur, membuat lapak baca buku gratis bernama “Wall’s Pustaka”. Hebatnya, lapak buku itu digelar di sela-sela aktivitasnya berjualan es krim.

Meski baru seminggu, Wall’s Pustaka mendapat sambutan positif dari masyarakat, terutama anak-anak.

“Saya dagang es krim sudah sebelas tahun, yakni dari tahun 2007. Dagang di beberapa tempat wisata, tetapi utamanya di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur. Secara kebetulan di tempat tersebut banyak kanak-kanak yang bermain dan jajan juga, maka cara menarik mereka untuk jajan ke saya adalah dengan buku,” ungkapnya.

Mbah Buyut mengaku, motivasinya untuk menggelar lapak buku gratis karena keprihatinannya terhadap kondisi anak-anak zaman sekarang yang lebih sibuk dengan android, internetan dan main games.

Untuk lapak Wall’s Pustaka, Mbah Buyut membawa sedikitnya 20-an buku. Sebagian buku pinjaman. Bukunya beragam, dari tentang satwa, biologi, buku TK, buku SD dan pengetahuan umum.

“Secara kebetulan, teman saya dari komunitas Rumah Baca Akar Pelangi ikut mendorong dengan memberi pinjaman buku-buku, ada juga beberapa sumbangan buku dari masyarakat,” terangnya.

Mbah Buyut mengaku, awalnya dia berniat membuka taman baca di rumah. Namun, karena tidak ada yang bisa menjaga, maka taman bacanya sambil berjualan.

Soal nama lapaknya yang menyandang nama perusahaan es krim, Mbak Buyut tidak mempersoalkan. Selain sebagai penjual es krim, dia juga bekerja sampingan sebagai pemandu wisata.

“Sejauh ini tidak ada masalah. Yang jelas visi misi saya ingin membangun karakter anak-anak dengan membaca dan ikut mencerdaskan bangsa walau hanya dengan kerja kecil seperti yang saya lakukan di kampung saya sendiri,” pungkasnya.

Terakhir bila pembaca berdikarionline.com ingin mendonasikan uang, buku, rak buku atau apapun sebagai dukungan atas kerja literasi Mbah Buyut maka bisa mengirimnya ke:

Wall’s Pustaka Mbah Buyut (Mufrodi)

d/a. Dusun 3, RT. 009 RW. 005

Desa Mataran Baru

Kecamatan Mataram Baru

Kabupaten Lampung Timur

Propinsi Lampung

Kode Pos 34199

Kontak HP/WA. 0852 7964 1083

Sukir Anggraeni

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut