Inilah Anak Usia 4 Tahun yang Menguasai 7 Bahasa

Jagad maya dihebohkan oleh video seorang anak perempuan Rusia berusia 4 tahun. Dalam video tersebut, anak tersebut sangat fasih berbicara dengan 7 bahasa: Rusia, Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Tiongkok dan Arab.

Anak perempuan itu bernama Bella Devyatkina. Dalam video berdurasi 9.30 menit itu, Bella tampil di sebuah acara Televisi bertajuk “Impressive People” (Udivitelnye Lyudi). Dia bisa berdialog dengan 7 orang dewasa dengan bahasa berbeda-beda.

Video itu kini viral di media sosial, termasuk Youtube. Walaupun baru seminggu, video Bella sudah ditonton oleh 1.679.289 orang. Videonya juga banyak tersiar di facebook.

Yang lebih menarik lagi, ketika berdialog dengan orang berbahasa Spanyol, Bella bisa menyanyikan sebuah lagu Spanyol. Uniknya, dia berdialog dengan 6 orang dewasa dengan bahasa berbeda itu dengan gaya khas anak kecil: manja dan setengah main-main.

Semua penonton di acara itu terpaku. Para juri juga tak sanggup menutupi rasa takjubnya. Dan tepuk tangan bergemuruh berkali-kali menggema memuji kehebatan Bella. Betapa tidak, anak sekecil itu sudah polyglot.

Lantas, dengan usia yang masih balita itu, bagaimana Bella bisa sehebat itu?

Ibundanya, Yuliya Devyatkina, menjelaskan kuncinya. Menurut dia, Bella tidak belajar bahasa secara formal atau kursus. Yang dilakukan justru mengundang guru-guru ke rumahnya dan bermain-main dengan anaknya.

“Anda tidak perlu memaksa anak-anak untuk bermain. Biarkan dia melakukan dengan kesenangannya. Dan Bella bermain dengan menggunakan 6 bahasa asing berbeda,” kata Yuliya seperti dikutip media rusia Sputnik, Selasa (25/10/2016).

Tidak hanya itu, masih ada kunci lain: berwisata dengan pemandu wisata dengan bahasa berbeda-beda. Artinya, Bella bisa bersenang-senang sembari mengenal berbagai bahasa.

“Misalnya ke Oceanarium dengan pemandu Spanyol, ke museum dengan pemandu Tiongkok, kemudian ke taman hiburan dengan pemandu berbahasa Arab, dan seterusnya,” jelas Yuliya.

Disamping itu, Ibu Bella juga ketat dalam mencari guru pembimbing anaknya. Dia membuka berbagai situs dan mencari guru pembimbing yang berkualitas. Kadang dia juga memasang iklan di Universitas yang menerima mahasiswa internasional.

Namun, kendati Bella sudah bersentuhan dengan pembelajaran banyak bahasa, tetapi dia tidak kehilangan waktu bermainnya. Setiap hari dia hanya belajar bahasa maksimal 3-4 jam. Sisanya dia bermain-main atau menonton film kartun.

Dalam acara TV itu, Bella berhasil mencapai final dan memenangkan hadiah sebesar 16.130 USD atau sekitar Rp 210 juta. Ibunya berencana menggunakan hadiah itu untuk investasi masa depan Bella.

“Setelah itu semua, dia (Bella) tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga olahraga, musik dan seni,” jelasnya.

Ibunya juga tidak berencana untuk mengorbitkan Bella menjadi seleb kendati sudah sangat populer. Dia ingin anaknya diorbitkan TV sebagai “anak ajaib” atau child prodigy.

“Dia (Bella) seharusnya tidak merasa dirinya seperti bintang, tetapi merasa dirinya sebagai anak-anak biasa,” kata Yuliya.

Memang, sejak acara itu, nama Bella makin populer. Dan tentu saja, ada banyak tawaran TV untuk dirinya.

Anda penasaran dengan videonya, silahkan buka di sini.

Amisani Khallistani

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut