Aliansi Mahasiswa Se-Jogjakarta Tolak Kenaikan Harga BBM

Mahasiswa dari berbagai organisasi dan kampus di Jogjakarta, yang menghimpun dirinya dalam Aliansi Mahasiswa Se-Jogjakarta, kembali menggelar aksi massa untuk menolak kenaikan harga BBM, Kamis (20/11/2014).

Massa aksi menggelar aksinya di pertigaan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogjakarta. Dalam aksi yang bermula sekitar pukul 14.30 sore itu, massa aksi mahasiswa sempat memblokir jalan selama beberapa menit sehingga menyebabkan kemacetan.

Tak lama kemudian, massa aksi menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan dampak kenaikan harga BBM. Diperlihatkan tiga orang yang terikat oleh tali dan diseret oleh seorang yang berpakaian Tuan. Kemudian seorang yang digambarkan sebagai pemulung mengecat badannya dengan merah dan putih.

Tiga orang yang terikat badannya dipaksa berjalan merangkak, sembari menerikkan “tolak kenaikan harga BBM”. Sementara orang yang digambarkan pemulung sibuk memunguti sampah disekitarnya dan selalu manut dengan apapun perintah sang tuan. Sang pemulung ini menggambarkan pemerintah berkuasa di Indonesia yang begitu manut pada tekanan modal asing tapi mengabaikan penderitaan rakyatnya.

Sementara aksi teatrikal berlangsung, sejumlah perwakilan organisasi terus menggelar orasi politik secara bergantian. Lalu, tak lama kemudian, massa aksi mulai membakar ban.

Sekitar pukul 15.30 WIB, situasi agak ricuh akibat kehadiran aparat kepolisian yang sudah mengenakan tameng. Untuk mengendalikan keadaan, para pemimpin organisasi yang tergabung dalam aliansi berusaha menenangkan massa aksi. Akhirnya, situasi pun kembali tenang.

Sekitar pukul 17.00 sore massa aksi mengakhiri aksinya dengan membacakan tuntutan politiknya, yakni: Menegosiasi kontrak karya migas dan nasionalisasi aset-aset asing dibawah kontrol rakyat, Berantas Mafia Migas yang jelas-jelas merugikan rakyat, Implementasikan pajak progresif, Cabut Undang Undang Migas No. 22 Tahun 2011 yang meliberalisasi sektor Migas, dan Laksanakan pasal 33 UUD 1945.

Adapun organisasi yang tergabung dalam aliansi ini adalah sebagai berikut: Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), PPI, REPDEM, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), SEKBER, FAM-J, PEMBEBASAN, CAKRAWALA, BEM UIN, BEM UST, FL2MI, dan lain-lain.

Medi MuamarSeketaris LMND Kota Sleman Yogyakarta

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut