Review Canon EOS R8, Fokus Otomatisnya Cukup Luar Biasa

Canon EOS R8 merupakan kamera mirrorless baru yang dianggap sebagai pengganti kamera EOS R dan EOS RP lama. EOS R8 menjanjikan untuk menjadi sebuah kamera mirrorless yang hebat dengan harga wajar.

EOS R8 merupakan kamera mirrorless kecil 24 megapiksel dengan sensor CMOS dan dilengkapi banyak fitur luar biasa yang membuatnya cukup menarik. Jika dilihat dari pilihannya, EOS R8 tampaknya sebuah kamera yang sangat mumpuni, bahkan mungkin menjadi kompetitor kuat bagi Canon EOS R6 atau EOS R6 Mark II. Meski kamera terakhir ini membawa keunggulan tersendiri, namun Canon EOS R8 mungkin bisa menjadi alternatif yang sempurna dan bahkan jauh lebih murah.

Untuk informasi selengkapnya mengenai gambaran Canon EOS R8, simak review berikut ini!

  1. Bodi Kamera

Canon EOS R8 merupakan kamera mirrorless yang sangat kecil dan ringan. Ukuran kamera ini hanya 133 x 86 x 70 mm tanpa lensa dan bobotnya hanya 461 gram. Sama halnya seperti kamera EOS lain yang lebih murah, EOS R8 tidak dilengkapi dengan dial di bagian belakang. Justru sebaliknya, EOS R8 dibekali dengan tombol empat arah serta memiliki tombol untuk ibu jari dan jari telunjuk di pelat atasanya. Kemudian di bahu kiri kamera terdapat tombol besar untuk mengubah dari gambar diam ke video.

  1. Baterai dan Konektivitas

Tempat baterai terletak di bagian bawah, yang didalamnya ada baterai LP-E17 yang lebih kecil dengan peringkat CIP hanya 150 bidikan dengan jendela bidik elektronik dan 220 bidikan dengan LCD secara eksklusif. Jumlah bidikan tersebut bisa mencapai 370 hingga 440 bidikan, tergantung pada pengaturan energi.

Beralih ke bagian konektivitas EOS R8 yang terdiri dari port mikro HDMI, port USB-C, mikrofon, dan jack headphone. Pada hot shoe terdapat konektor untuk menambahkan aksesori tambahan seperti adaptor XLR, yang memungkinkan kamu untuk merekam input audio empat saluran di kamera.

  1. Fokus Otomatis dan Kecepatan

Fokus otomatis Canon EOS R8 responsif dan bisa menemukan mata manusia, anjing, dan burung tanpa masalah apapun. Hal itu dapat membantu menjaga subjek agar tetap fokus sempurna selama tindakan cepat, bahkan dengan pengaturan kecepatan tinggi EOS R8 mungkin akan mampu menangkap bidikan yang diinginkan di sebagian besar situasi.

Kemudian rana elektronik menawarkan 40 frame per detik yang menakjubkan. Meski opsi burst mentah dibatasi hingga 30 frame per detik, namun mampu merekam setengah detik sebelum kamu menekan rana sepenuhnya.

  1. Kinerja ISO dan Rentang Dinamis

Saat menggunakannya, kamu dijamin sangat terkejut dengan performa dan rentang dinamis kamera ini. Meski yang terbaik adalah menghindari pemulihan bayangan gelap secara ekstrem, namun jika dalam situasi dimana hal tersebut tak bisa dihindari, maka EOS R8 mampu memulihkan hingga empat stop tanpa masalah apapun. Bahkan kamu bisa meningkatkannya hingga enam perhentian jika kamu menerima sedikit kebisingan. Kamera mirrorless ini mampu bertahan dengan cukup baik pada level ISO tinggi.

  1. Canon RF 15-30mm f/4.5-6.3 IS STM

Saat menggunakan EOS R8, kamu pun berkesempatan untuk merasakan lensa RF 15-30mm f/4.5-6.3 IS STM. Lensa ini memiliki dua tombol disisinya, yaitu satu tombol untuk mematikan stabilisasi, dan tombolnya satunya untuk mengubah perilaku cincin kontrol. Kamu bisa memilih antara fokus manual atau fungsi yang ditetapkan dalam menu kamera Canon EOS R8. Lensa ini sempurna untuk memotret subjek arsitektur atau lanskap, meski memang tak terbatas pada penggunaan semacam itu.

Kesimpulannya, Canon EOS R8 merupakan kamera yang luar biasa dan wajib dimiliki jika kamu menganggap kamera mirrorless ini sebagai pengganti EOS R dan EOS RP. Fokus otomatisnya yang cukup luar biasa bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu dan cukup cepat untuk sebagian besar fotografi aksi.

 

Foto : canon indonesia (id.canon)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid