PEMILU 2024: Milenial-Gen-Z, Isu Lingkungan & Perubahan Iklim

Pemilu 2024 tampaknya  didominasi pemilih kelompok milenial dan Gen-Z. Data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan sekitar 35,60 persen pemilih masuk kategori milenial, sedangkan generasi Z, ada sekitar 22,80 persen dari total DPT.

Itu artinya, gabungan kedua generasi tersebut mempunyai peran penting dalam pelaksanaan Pemilu di 14 Februari 2024 mendatang. Kedua generasi tersebut selain dikenal lebih melek teknologi informasi, juga memiliki pandangan yang inovatif pada berbagai macam isu, termasuk isu lingkungan, perubahan iklim serta pemerintahan bersih.

Sementara itu jika kita lihat, ketiga pasangan Calon Presiden dalam visi-misi belum secara prinsip membicarakan isu lingkungan dan perubahan iklim.  Padahal tema atau isu tersebut sangat penting untuk menjadi master plan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

(Karena) Isu lingkungan merupakan isu hangat yang sudah menjadi topik global sekarang ini. Negara-negara di dunia sudah mulai menyadari akibat dari perubahan iklim dan perubahan ekosistem yang sudah mulai rusak. Mereka pun berusaha untuk memperbaiki apa yang sudah dirusak oleh manusia. Organisasi-organisasi lingkungan dunia berusaha untuk menyadarkan masyarakat global akan arti pentingnya sustainable environment  yang akan menunjang kehidupan manusia ke depan.

Lingkungan merupakan permasalahan global yang akibatnya tidak hanya dirasakan oleh suatu negara tertentu, tetapi juga oleh seluruh manusia. Isu lingkungan juga selalu dihubungkan dengan berbagai macam isu yang menyangkut keberlangsungan hidup manusia seperti masalah keterbatasan energi, kerusakan ekosistem, permasalahan demografis dan juga bahan makanan.

Hari ini, kerusakan lingkungan sebagian besar disebabkan oleh pembangunan selama berpuluh puluh tahun. Revolusi Industri yang dilakukan sejak 250 tahun lalu ditambah dengan industrialisasi yang dilakukan oleh leading countries  seperti negara-negara anggota Uni Eropa, Amerika Serikat, China dan Jepang merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan.

Mengetahui kondisi lingkungan tersebut, seharusnya para Calon Presiden menjadikan isu lingkungan dan perubahan iklim menjadi isu strategis sehingga Indonesia bisa menjadi negara percontohan bagi negara-negara lain.

Dengan demikian, tentunya penting bagi generasi muda untuk melek politik dan tidak sekadar secara teoritis. Sebagai kelompok yang mendominasi jumlah pemilih dalam Pemilu 2024, sebenarnya merekalah yang akan menentukan arah bangsa ke depan dengan segala macam dinamikanya.

Kita berharap kaum muda Indonesia dapat berperan aktif dalam pesta demokrasi lima tahunan ini dan sanggup memberikan kritik objektif terhadap isu yang diusung pasangan Capres-Cawapres. Dengan begitu generasi muda  turut  mengisi satu abad kemerdekaan Indonesia dan terlibat dalam membawa Indonesia menjadi negara maju, sejahtera, adil dan makmur.

 

Samsudin Saman

Ketua Umum Eksekutif Nasional-Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi ( EN-LMND)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid