PRIMA: Kami Harapan Baru Indonesia!

Hari Jumat (7/5/2021) sore, di jalan Bacang nomor C310, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, sejumlah anak muda sedang menyiapkan rencana politik yang penting.

Anak-anak muda itu, rata-rata berusia 20-an dan 30-an tahun, sedang menyiapkan konferensi pers sebuah partai politik baru. Namanya: Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA).

Rencananya, partai baru ini akan mendeklarasikan diri di hadapan rakyat Indonesia pada tanggal 1 Juni mendatang. Bertepatan dengan 76 tahun peringatan Hari Lahirnya Pancasila.

Pukul 17.10 WIB, konferensi pers dimulai. Panitia pelaksana dan sejumlah pengurus DPP PRIMA duduk di depan sebuah spanduk yang membentang.

“Sore ini, kami mau mengabarkan rencana deklarasi partai kami,” kata Lukman Hakim, pengurus DPP PRIMA yang bertanggung jawab sebagai panitia deklarasi.

Menurut dia, menuju deklarasi tanggal tanggal 1 Juni mendatang, partainya tengah menyiapkan sejumlah kegiatan, seperti diskusi, membuat flyer, kegiatan seni, hingga pembuatan film pendek.

“Di deklarasi nanti, ada film pendek tentang PRIMA dan perjuangannya,” kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan deklarasi PRIMA nanti akan dilangsungkan secara offline dan online.

Modal Ikut Pemilu

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PRIMA, Rudi Hartono, ikut berbicara di konferensi pers itu.

Dia menjelaskan partainya punya tiga modal utama untuk menjadi partai politik peserta pemilu 2024.

“Yang pertama, partai kami sudah mengantongi surat dari Kemenkumham sebagai partai politik yang sah. Satu proses menuju pemilu 2024 sudah kami lalui,” katanya.

Dia menyampaikan, partainya sekarang sedang mengumpulkan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai sebanyak 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk per kabupaten/kota.

Sekarang ini, kepengurusan PRIMA sudah hadir di 34 Provinsi di Indonesia, tersebar di 387 kabupaten/kota, dan berdiri di 3700 kecamatan di Indonesia

Selain itu, partainya juga sedang menyempurnakan berbagai urusan administrasi yang diisyaratkan oleh UU untuk proses verifikasi KPU.

Modal yang kedua, lanjut Rudi, kepengurusan partainya mewakili wajah-wajah baru dalam perpolitikan Indonesia.

“Pengurusan kami mewakili wajah baru. Sebagian besar anak-anak muda. Dan kami tak memiliki beban politik masa lalu,” jelasnya.

Yang ketiga, kata Rudi, PRIMA membawa gagasan dan visi besar untuk dimenangkan di Pemilu 2024 nanti.

Merangkul Semua

Wakil Ketua Umum DPP PRIMA, Ma’ruf Asli Bhakti, menyampaikan platform politik PRIMA yang merangkul semua elemen dan aspirasi warga negara.

“Kami juga mengusung platform kerakyatan, kebangsaan dan keumatan,” kata aktivis islam dan alumni HMI-MPO ini.

Menurut dia, tiga platform itu mewakili semua elemen dan aspirasi politik masyarakat Indonesia. Karena itu, PRIMA sebetulnya merupakan partai yang terbuka.

“Kami ingin PRIMA menjadi rumah perjuangan bagi seluruh elemen bangsa untuk memperjuangkan agenda kesejahteraan dan keadilan,” ujarnya.

Harapan Baru Indonesia

Dalam siaran pers yang dibagikan ke awak media massa, PRIMA menyatakan keyakinannya akan menjadi harapan baru bagi rakyat Indonesia.

Selain membanggakan kepengurusannya yang diisi oleh banyak wajah baru dan kaum muda, PRIMA juga bangga disebut sebagai partai rakyat biasa.

“Selama ini, partai-partai yang ada terlalu berjarak dengan rakyat. Terlalu elitis. Terlalu banyak memunggungi kepentingan rakyat. Maka partai kami hadir justru untuk rakyat,” jelas Rudi.

Menurutnya, jargon partai rakyat biasa untuk menunjukkan partainya yang berbeda dengan partai lainnya, yang identik dengan tokoh besar, didanai cukong besar, dan hanya mewakili kepentingan oligarki.

Selain itu, PRIMA akan mengusung program penting untuk mendekatkan Indonesia dengan cita-cita masyarakat adil dan makmur. 

Sebagai misal, untuk memperjuangkan Indonesia yang lebih berkeadilan sosial, PRIMA akan memperjuangkan pajak progressif dan reforma agraria.

PRIMA juga akan fokus pada pemajuan manusia Indonesia agar terjadi pemerataan kesempatan dan bisa berselancar mengejar kemajuan zaman melalui pemajuan SDM, pemenuhan hak-hak dasar, dan penguatan sistim jaminan sosial.

“Partai kami juga bicara soal kesetaraan gender. Kepengurusan partai kami dibuka untuk lebih banyak perempuan,” terangnya.

PRIMA juga berbicara soal pemerintahan bersih, yang menempatkan pemberantasan korupsi berfokus pada hulu (pencegahan). 

Selain itu, PRIMA juga peduli dengan isu lingkungan dan krisis perubahan iklim dengan mendukung model ekonomi yang menghargai lingkungan. Juga mendukung transisi dari energi fosil ke energi hijau.

“Kami ingin memastikan Indonesia di masa depan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi generasi masa depan,” tegas Rudi.

PRIMA bertekad menempatkan politik kesejahteraan dan keadilan sosial sebagai agenda utamanya.

RINI HARTONO

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid