Pemilik Eks Tambak Udang Batui Tutup Jalan Menuju PT MAB

Palu, Berdikari Online – Masyarakat Pemilik Eks Tambak Udang Batui melakukan blockade akses jalan menuju perusahaan PT MAB, Rabu ( 29/05/2024).

Aktifitas ini sudah berlangsung sejak kemarin pagi semenjak penggusuran paksa yang dilakukan oleh pihak perusahaan terhadap lahan yang dikelola masyarakat pemilik lahan eks tambak udang Batui.

Dikonfirmasi pihak media, Alee Ketua kelompok masyarakat pemilik eks tambak udang Batui mengatakan bahwa blockade jalan yang dilakukan masyarakat adalah buntut dari eksploitasi yang dilakukan pihak PT Matra Arona Banggai (MAB) yang melakukan penggusuran di lahan yang sedang dikelola masyarakat sementara kasus ini sedang dalam proses persidangan.

“Pemalangan ini akan terus kami lakukan hingga tuntutan kami terpenuhi, karena sebelumnya perusahaan melakukan penggusuran terhadap lahan milik warga yang melakukan aktifitas budi daya ikan dan udang dalam lokasi warga sementara kasus sengketa ini sedang dalam proses persidangan.”

Dalam kesempatan yang berbeda, Razwin Baka S.H., M.H.selaku kuasa hukum masyarakat pemilik lahan eks tambak udang Batui menerangkan bahwa perkara ini sudah dikuasakan kepada Kantor Hukum Mamua dan sudah terdaftar di pengadilan dengan nomor perkara 14/Ptd.G/2024/PN Lwk. sejak Selasa, 27 Februari 2024.

“Benar bahwa masyarakat pemilik lahan eks tambak udang Batui yang berjumlah 62 orang itu telah memberikan kuasa kepada saya bersama dengan dua kuasa hukum lainya Idhar Hasan , S.H., M.H, dan Taufiqurrachman Sandagang, S.H. Perkara ini sudah kami daftarkan sejak tanggal 27 februari 2024 dan saya berharap agar semua pihak dapat menghormati proses hukum yang sedang berjalan, “ terangnya.

Atas apa yang terjadi, masyarakat pemilik lahan eks tambak udang Batui meminta agar perusahaan menghentikan segala bentuk aktifitas perusahaan di lokasi sengketa dan usut tuntas pelaku pembongkaran pondok warga yang diduga kuat dilakukan oleh tim legal PT MAB.

(Jul)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid