LMND Aceh Minta Dirjen Hubla Kemenhub Buka Kembali Pelayaran Calang -Sinabang

Aceh, Berdikari Online – Aktivis LMND Aceh, Ahmad Satria, menuntut Pemerintah untuk kembali membuka pelayaran kapal yang menghubungkan Calang-Sinabang. Ahmad mengatakan pemberhentian operasional KMP Aceh Hebat 1 dinilai telah berdampak terhadap ekonomi masyarakat Simeulue.

Transportasi laut dari Calang ke Sinabang, ibukota kabupaten Simeulue, dinilai lebih efisien dan mampu menekan harga barang kebutuhan pokok di kabupaten Simeulue.

Sejak dihentikan izin operasional KMP Aceh Hebat 1 dari Calang-Sinabang, masyarakat menggunakan alternatif dari Meulaboh, Aceh Barat dan Labuhan Haji di Aceh Selatan. Menurut Ahamd hal ini telah berpengaruh terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok di Simeulue.

“Di tinjau dari letak geografis akses pelabuhan Calang – Sinabang adalah jalur yang paling mudah diakses dari ibu kota provinsi (Banda Aceh) ketimbang jalur pelabuhan Meulaboh dan Labuhan Haji.” tambah aktivis mahasiswa ini.

Diketahui bahwa alasan pemerintah memberhentikan operasional KMP Aceh Hebat 1 berkenaan dengan izin pelayaran.

Sebelumnya surat persetujuan berlayar dikeluarkan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Aceh. Namun setelah pihak Inspektorat Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan melakukan audit ditemukan ada mal administrasi. Pihak Balai Pengelola Transportasi Darat tidak berhak mengeluarkan surat pemberitahuan berlayar karena di luar kewenangannya.

LMND Aceh memandang ini persoalan serius dan harus segera mendapatkan solusi. Mengingat peran pemerintah dalam mewujudkan sistem transportasi yang efektif dan efisien dapat menciptakan pola distribusi barang dan jasa untuk kawasan pulau terluar.

Maka dari itu kami meminta Direktorat Jenderal Hubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub) RI agar segera kembali mengeluarkan izin berlayar kapal Aceh Hebat 1 jalur Calang-Sinabang, mengingat hal tersebut berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

(Munzir)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid