Dampak Pemilu Curang

Dampak pemilu curang bagi kesejahteraan rakyat miskin di Indonesia dapat sangat merugikan yaitu pengabaian kepentingan rakyat miskin. Pemilu yang curang dapat menyebabkan terpilihnya pemimpin yang tidak berpihak kepada rakyat miskin.

Hal ini bisa mengakibatkan pengabaian terhadap kebijakan yang mendukung kesejahteraan mereka seperti program bantuan sosial, akses pendidikan, layanan kesehatan dan infrastruktur yang dibutuhkan serta penyalahgunaan anggaran publik.

Dalam pemilu curang, ada kemungkinan terjadinya korupsi yang melibatkan penggunaan anggaran publik untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. Hal ini tentu berdampak pada pengurangan dana yang seharusnya digunakan untuk program-program yang membantu rakyat miskin.

Pemilu curang dapat juga menciptakan ketidakstabilan politik dan sosial yang berdampak negatif pada iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi. Rakyat miskin akan menjadi korban utama dari pertumbuhan ekonomi yang terhambat karena kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan mereka akan terbatas.

Dalam soal ketidakadilan sosial, pemilu curang dapat memperkuat kesenjangan sosial antar kelas masyarakat. Jika pemimpin yang terpilih tidak adil dalam kebijakan dan distribusi sumber daya, maka kesenjangan antara kaya dan miskin dapat semakin membesar. Rakyat miskin akan kesulitan untuk meningkatkan taraf hidup mereka dan mendapatkan akses yang sama terhadap peluang dan sumber daya.

Pemilu curang juga menyebabkan menurunnya kepercayaan pada sistem demokrasi. Pemilu curang merusak integritas sistem demokrasi dan menurunkan kepercayaan masyarakat pada proses politik. Ini dapat menghasilkan ketidakstabilan sosial, ketegangan politik dan konflik yang lebih tinggi yang pada akhirnya akan berdampak negatif pada kesejahteraan rakyat miskin.

Tentu sangat penting mendorong transparansi, kejujuran, dan partisipasi yang inklusif dalam pemilu agar masyarakat dapat memilih pemimpin yang mampu mendorong kesejahteraan bagi semua golongan, termasuk rakyat miskin.

Jelas sudah pemilu curang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat. Pemilu jurdil, jujur dan adil yang diharapkan oleh kaum miskin kota menentukan siapa yang akan memimpin dan siapa yang membuat kebijakan. Rakyat miskin sangat takut jika kebijakan itu tidak lagi berpihak terhadap kepentingan sosial.

Nuradim

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Adil Makmur (DPW PRIMA) DKI Jakarta

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid