Biar Arwahnya Tenang, Keluarga Setuju Makam Jhemy Antok Losa Dibongkar.

Kendal, berdikari Online – Pemakaman Umum [TPU] Desa Trisobo Boja Kendal Senin pagi tadi mendapat perhatian publik (24/7). Makam Antok yang meninggal (30/5) dibongkar untuk dilakukan otopsi oleh dokter forensik RS.Bhayangkara Polda Jawa Tengah.

Desas-desus Antok meninggal karena mendapat kekerasan fisik dan penyiksaan oleh oknum aparat semakin meyakinkan keluarga dan warga sekitar bahwa Antok adalah korban salah sasaran.

Setelah 40 hari korban dimakamkan, foto-foto penganiayaan dan video interogasi beredar di kalangan publik termasuk ke keluarga sehingga keluarga menjadi tahu bahwa Antok meninggal karena penganiayaan dan penyiksaan. Sebelumnya, Antok dituduh mencuri televisi di Perumahan Rafada Meteseh 2 The Forest Boja.

Karena kejanggalan dan fakta-fakta tersebut, keluarga korban pun menempuh proses hukum.

Pembongkaran makam Antok mendapat pengawalan ketat dari Dalmas Polres Kendal. Satu Truck dikerahkan. Jarak 3 meter dari makam korban dipasang Police Line dan tenda serta penutup tenda sebagai tempat otopsi. Mobil Dalmas, Inavis dan Dokkes RS.Bhayangkara Polda Jawa Tengah serta mobil pribadi petugas pengaman berderet-deret memenuhi parkir makam Trisobo.

Paidi (56) salah satu penggali kubur dari tetangga desa lain kecamatan, menuturkan bahwa Jenazah Antok dalam kondisi utuh, baik dan tidak begitu bau menyengat.

“Jarang jenazah lebih dari 50 hari yang masih utuh begitu,” terang Paidi.

Paidi hanya diminta menggali kubur dan nanti menguburkannya kembali karena penggali kubur warga desa setempat pada tidak mau.

Keluarga korban tidak keberatan makam Almarhum Jhemy Antok Losa dibongkar apalagi untuk kepentingan otopsi mengungkap peristiwa yang terjadi.

“Biar arwahnya tenang. Para pelakunya dapat mempertanggung-jawabkan perbuatanya,” ujar Heru Kusmiyanto (43), selaku paman korban.

Pelaksanaan otopsi hampir memakan waktu 5 jam. Otopsi untuk melengkapi alat bukti dugaan penganiayaan hingga hilangnya nyawa Antok.

(Arif Darma)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid