5 Film Paling Inspiratif untuk Pendidikan

Manusia itu makhluk visual. Menurut data, sekitar 70 persen reseptor sensorik ada di mata, dan hampir 50 persen otak kita terlibat dalam proses visual.

Itu yang membuat otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat dibanding teks. Itu juga yang membuat film bisa menjadi alat penyebar informasi sekaligus pembelajaran yang sangat efektif.

Dengan film, kita cumu butuh duduk manis, sembari ditemani cemilan dan minuman, kita sudah mendapat banyak informasi yang berharga. Apalagi jika yang ditonton adalah film-film tentang pendidikan.

Nah, bicara tentang pendidikan, ada banyak loh film-film yang mengangkat tema pendidikan. Menarik dan inspiratif, loh. Ini beberapa diantaranya.

#1 3 IDIOTS (2009)

Film bollywood yang dirilis pada 2009 ini bercerita tentang tiga mahasiswa teknik, Ramcho (Aamir Khan), Farhan (R Madhavan), dan Raju (Sharman Joshi), yang menggugat sistem pendidikan di kampusnya.

Film ini menggugat sistem pengajaran yang kaku, sistem kompetisi yang menciptakan tekanan bagi murid, dan orientasi pendidikan yang menjauhkan orang dari minat aslinya. Bahwa dalam pembelajaran, memahami lebih penting ketimbang hafalan.

#2 DEAD POET SOCIETY (1989)

Film ini bercerita tentang 7 orang murid di sebuah sekolah elit model asrama. Sekolah ini sangat ketat, disiplin, memelihara tradisi, dan berorientasi sukses.

Seorang guru baru, John Keating (Robin Williams), pelan-pelan mengubah paradigma sekolah itu. Ia memperkenalkan cara mengajar baru, yang lebih egaliter, tidak kaku, dan membebaskan murid-muridnya.

Dia menyuruh murid berdiri di atas meja agar bisa melihat dunia secara berbeda, merobet daftar isi, dan menemukan identitas dan minat belajar masing-masing.

#3 FREEDOM WRITERS (2017)

Film bercerita tentang seorang guru baru, Erin Gruwell (Hilary Swank), yang menangani kelas “buangan” berisi anak-anak nakal yang terlibat geng jalanan.

Mengambil latar Amerika Serikat 1990-an yang dikoyak konflik rasialisme, film ini menunjukkan bagaimana Erin mengubah paradigma berpikir muridnya agar keluar dari kekangan konflik dan jebakan rasisme.

Dia memulai dengan meminta semua murid menulis secara bebas pengalaman pribadi dan sosialnya. Dia juga menjadikan buku Anne Frank, The Diary of Anne Frank, untuk membuka mata anak muridnya akan betapa tidak bermanfaatnya konflik dan perang.

#4 TAARE ZAMEEN PAR (2007)

Film ini bercerita tentang seorang anak berkebutuhan khusus, Ishaan. Dia menderita disleksia, yang mengganggu kemampuannya membaca dan menulis.

Model pendidikan sekolah yang kaku, yang tak ubahnya kanebo kering, tak bisa memahami kebutuhannya. Ditambah orang tuanya yang hanya tahu anaknya harus pintar dan berprestasi.

Beruntung, ada seorang guru baru, Ram Nikumbh (Aamir Khan), yang memahami anak itu dan memperkenalkan gaya mengajar yang berbeda. Ia kadang bernyanyi, bermain seruling, bercerita tentang tokoh-tokoh besar, dan bermain bebas di alam raya.

#5 THE GREAT DEBATERS (2007)

Film ini bercerita sebuah sekolah kulit hitam bernama Wiley College. Sekolah ini punya klub debat yang diasuh oleh seorang guru progresif,  Melvin B. Tolson (Denzel Washington).

Mengambil latar sosial AS saat dikoyak oleh krisis depresi besar sekaligus rasisme, klub debat Wiley College bisa memengani berbagai lomba debat. Hingga, puncaknya, mereka bisa mengalahkan klub debat dari Universitas Harvard. 

RINI MARDIKA

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid