Tiap Tanggal 30 April Akan Diperingati Sebagai Hari Jazz Internasional

Pianis dan pencipta musisi jazz terkenal, Herbie Hancock, sedang berjuang keras menjadikan tanggal 30 April sebagai Hari Jazz Internasional.

Herbie Hancock, yang saat ini didaulat sebagai duta UNESCO, mengacu pada tanggal 30 April karena itu bertepatan dengan hari terakhir apa yang disebut “Bulan Apresiasi Jazz” di AS.

Acara perdana pun akan dimulai tahun ini. UNESCO dan Thelonious Monk Institute of Jazz akan menjadi penyelenggaranya. Sebuah konser bertabur bintang akan diselenggarakan di Paris, New Orleans dan New York. Kegiatan serupa juga akan berlangsung di beberapa negara, seperti Aljazair dan Uruguay.

“Jazz telah menjadi suara kebebasan banyak bagi negara selama setengah abad terakhir,” kata  Hancock saat wawancara via telpon dengan Associated Press.

Berbicara kepada wartawan, Hancock mengaku proposalnya sudah mendapat dukungan 195 negara anggota UNESCO. Meskipun, seperti diakuinya, perjuangan mengorganisir dukungan itu tidaklah gampang.

Sementara itu, menurut Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, tanggal 30 April adalah tanggal dimana orang dari seluruh dunia akan belajar tentang kesenian jazz, akarnya dan dampaknya.

“Ini bisa menjadi sarana komunikasi yang melampaui perbedaan,” katanya.

Acara tahun ini akan dimulai pada tanggal 27 April dan akan berpusat di kantor UNESCO di Paris, Perancis. Sejumlah kegiatan akan dilangsungkan, seperti kelas master, diskusi meja bundar, dan workshop. Kemudian, pada malam harinya diadakan konser yang menampilkan sejumlah musisi, seperti Hancock, Dee Dee Bridgewater, Hugh Masekela (Afrika Selatan), dan Tania Maria (Brazil).

Hancock sendiri akan memulai perayaan 30 April dengan konser matahari terbit di New Orleans’ Congo Square, tempat kelahiran musik Jazz. Konser akan menghadirkan musisi jazz lokal seperti luminaries Terence Blanchard, Ellis Marsalis, Dr. Michael White, Kermit Ruffins dan the Treme Brass Brand.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut