SRMI Palembang Launching Rumah Sehat Cerdas

Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kota Palembang meluncurkan program bernama “Rumah Sehat Cerdas”. Rumah Sehat Cerdas ini akan menjadi tempat bagi rakyat miskin untuk mendapatkan informasi mengenai layanan kesehatan dan sekaligus advokasi.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh ratusan rakyat miskin, khususnya warga Kertapati Palembang. Hadir pula perwakilan Forum Amal dan Kemanusian (Fakem), Dinas Kesehatan Propinsi Sumsel, dan perwakilan Partai Rakyat Demokratik (PRD).

Ketua SRMI kota Palembang Eka Syahruddin mengatakan, program Rumah Sehat Cerdas ini merupakan upaya organisasinya untuk memudahkan rakyat miskin bisa mengakses layanan kesehatan sesuai program pemerintah.

“Pemerintah punya program berobat gratis dan Jamkesmas. Tapi masih banyak warga yang belum tahu prosedur mendapatkan layanan berobat gratis dan Jamkesmas di rumah sakit mitra kerjasama pemerintah,” katanya.

Di Rumah Sakit Cerdas itu, katanya, aktivis-aktivis SRMI akan memberikan sosialisasi dan sekaligus terjun langsung untuk memberikan advokasi.

Sementara itu, perwakilan dari Forum Amal dan Kemanusian (Fakem) Palembang, organisasi sosial yang menjadi mitra SRMI, mengajak agar setiap lapisan masyarakat memberikan dukungan terhadap program semacam ini.

“Ini merupakan program yang sangat bagus. Perl uterus dikembangkan, bahkan diperluas hingga kecamatan dan seluruh kabupaten di Sumsel,” ujarnya.

Mendapat Dukungan Luas

Dinas Kesehatan Sumatera Selatan pun turut memberikan dukungan dan apresiasi terhadap program SRMI ini.

“Memang, selama ini kami terus berupaya optimal menyosialisasikan program berobat gratis melalui media massa dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kabupaten dan kota, tetapi belum mampu menjangkau langsung ke permukiman padat, seperti di kawasan 5 Ulu,” Kepala Bidang Bina Program dan Pengembangan SDM Dinas Kesehatan Sumsel, Elyu Chomisah, saat memberi sambutan.

Lebih lanjut, pihak Dinas Kesehatan Sumsel berharap agar kegiatan serupa bisa diperluas sampai ke seluruh kecamatan di Palembang dan kabupaten dan kota lainnya di Sumsel. “Target kami adalah program berobat dan sekolah gratis dapat dinikmati oleh seluruh warga kurang mampu di Sumsel,” katanya.

Dukungan juga datang dari Partai Rakyat Demokratik (PRD). Ketua PRD Sumsel Eka Subakti mengatakan, pihaknya akan terlibat langsung bersama SRMI untuk mengefektifkan program Rumah Sehat Cerdas ini. “Kita akan bekerja sama untuk membantu rakyat miskin di daerah ini,” ujarnya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut