Serikat Tani Riau Gelar Rapat Akbar

Ribuan petani yang tergabung dalam Serikat Tani Riau (STR) menggelar rapat akbar di lapangan sepak bola Sei Anak Kamal, Pulau Padang, Kamis (10/5/2012).

Acara dibuka dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Setelah itu, pimpinan STR menyampaikan orasi politik. Rapat akbar ini juga membahas soal strategi-taktik perjuangan petani.

“Kami mendiskusikan stratak perjuangan petani ke depan. Di Pulau Padang, petani sedang berjuang melawan perusahaan perampas tanah,” kata Ketua Umum STR, Muhamad Riduan.

Riduan menjelaskan, rapat akbar memutuskan untuk menggelar aksi massa ke kantor kecamatan dalam beberapa hari kedepan. Melalui aksi itu, petani akan memaksa pihak kecamatan untuk menghadirkan semua kepala desa pendukung kehadiran PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Pulau Padang.

“Petani akan bergerak dengan semua peralatannya, seperti tombak, kampak, dan parang. Kami akan mendesak agar semua kepala desa segera mencabut dukungan terhadap MOU yang dibuat sepihak,” tegas Riduan.

Riduan mengungkapkan, sejumlah kepala desa telah membuat MOU secara sepihak dengan PT. RAPP. Ironisnya, penanda-tanganan MOU itu tidak pernah dikonsultasikan dengan rakyat setempat.

Rencananya, jika pihak camat tidak bisa menghadirkan kepala desa, maka petani akan menggelar aksi pendudukan.

Selain membahas strategi dan taktik, rapat akbar STR ini juga menunjuk kepengurusan baru KPD STR Kepulauan Meranti. Hasilnya, rapat akbar menunjuk Apairan sebagai ketua dan Dariwis sebagai sekretaris.

Andi Nursal 

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut