Semangat Positif Hip Hop Begawi

Kita mungkin mengenal Hip Hop sebatas rap dimana lirik dinyanyikan nyerocos, ditingkahi beat ritmis dinamis dari Disk Jockey yang ngoprek putaran disk sebagai turntable (meja DJ).

Tapi Hip Hop sebagai genre musik tidak hanya sebatas itu, ia adalah sebuah kebudayaan dimana beberapa unsur menyatu di dalamnya; gaya hidup, rap dan DJ itu sendiri, terus ada tarian patah-patah (Breakdance) sebagai koreografinya, beatbox, fashion, gaya bahasa yang digunakan serta ekspresi seni visual dalam bentuk graffiti.

Terkait bahasan soal musik diatas, dalam “101 Kalender Wisata Lampung Timur” ada satu acara bernama “Festival Hip Hop”. Sukir Anggraeni dari www.berdikarionline.com berkesempatan mengkonfirmasi langsung Genpi Reza, Ketua Komunitas Hip Hop Begawi yang bertanggung jawab penuh di acara tersebut.

Reza mengatakan, “Komunitas Hip Hop Begawi berdiri pada April 2013 di Lampung Timur dan tiap tahunnya selalu mengadakan even. Terakhir kali mengadakan even bulan Pebruari lalu dan kalau yang sekarang ini adalah even ke-11.”

Begawi kalau dalam bahasa Lampung artinya upacara adat pemberian gelar. “Jadi kita menyertakan kata Begawi dibelakang Hip Hop sebagai tanda atau ciri komunitas kami hingga orang langsung kenal kalau kami asal Lampung”.

“Tahun 2017 lalu kita mengundang Chusnunia Chalim (Ibu Nunik) Bupati Lampung Timur, Beliau hadir memberi dukungan dan tertarik dengan kegiatan kami yang positif hingga di 2018 ini Komunitas kami masuk ke dalam kalender even 101 Festival Lampung Timur tadi”.

“Saat itu kita minta arahan Beliau untuk membina kami, jadi memang kami sudah dekat sejak lama dan belum tahu kalau Ibu Nunik akan nyalon jadi Wakil Gubernur. Dan kebetulan even kami sekarang ini jatuh pada masa-masa kampanye,” pungkas Reza.

Festival Hip Hop 22 April 2018 mengambil tema: “Menciptakan Pemuda Yang Kreatif dan Inovatif”. Diadakan di Gedung Cakap Indoor Simpang Raman, desa Taman Sari, kecamatan Purbolinggo,  Lampung Timur. Dalam konfirmasi panitia positif yang akan tampil antara lain: V-clips (Lampung Tengah), HLM Hiphop Lampung Movement (Bandar Lampung), MHB Metro Brotherhood (Metro), HML Hiphop Metro Lampung (Metro), Sekelik Hiphop (Metro Lampung), WJBC Way Jepara Beatbox Community (Way Jepara, Lampung Timur). ***

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut