Ribuan Petani Pulau Padang Akan Duduki Kantor Bupati

KEP. MERANTI-RIAU (BO): Sedikitnya 6000-an petani Pulau Padang, Kepulauan Meranti, Riau, berencana menduduki kantor Bupati pada 6 Februari 2012. Aksi pendudukan itu akan berlangsung hingga SK Menhut nomor 327/2009 direvisi.

“Ini sudah harga mati bagi rakyat Pulau Padang. Kami tidak mau tuntutan kami terus diulur-ulur oleh pemerintah,” ujar Ketua Serikat Tani Riau (STR) Kepulauan Meranti, Muhammad Riduan, kepada Berdikari Online.

Riduan mengungkapkan, warga saat ini sedang menggelar konsolidasi dan persiapan-persiapan. Pada hari Minggu nanti, 5 Februari 2012, seluruh rakyat Pulau Padang akan memasang bendera setengah tiang.

“Ya, itu bentuk keprihatinan warga atas lambannya penyelesaian mereka. Sudah berjuang bertahun-tahun, bahkan sudah sampai ke Jakarta, tapi juga belum mendapatkan hasil konkret,” kata Ridwan.

Ditanya mengenai pernyataan Menhut Zulkifli Hasan, yang mengaku akan mempertahankan izin hutan tanaman industri (HTI) di Pulau Padang, Riduan mengatakan, “pernyataan Menhut itu berbeda dengan sikap Tim Mediasi.”

Riduan mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada Tim Mediasi untuk segera mengambil sikap terhadap pernyataan Menhut tersebut.

Rakyat Pulau Padang juga berencana menggeruduk kantor partai-partai yang menghianati rakyat. Diantaranya, Partai Amanat Nasional (PAN), yang selama ini menjadi kendaraan politik Zulkifli Hasan.

Riduan juga menginformasikan bahwa DPRD Kepulauan Meranti sudah mengeluarkan surat dukungan kepada Bupati untuk merevisi SK Menhut 327/2009.

Nantinya, jika Bupati Kepulauan Meranti juga sudah mengeluarkan surat rekomendasi revisi SK tersebut, maka bola terakhir akan ada di tangan Menhut.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • rude

    tolong di update berita Ribuan Petani Pulau Padang Akan Duduki Kantor Bupati tanggal 6-02-2012 nya makasih