Protes Jalan Rusak, Warga Donggala Tanam Pohon di Tengah Jalan

donggala.jpg

Masyarakat Desa Labuan Panimba, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menanam Pohon pisang, Kelapa dan tanaman lainnya ditengah jalan desa yang berlubang-lubang.

Penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk kekesalan masyarakat setelah kurang lebih 15 tahun jalanan rusak tidak mendapat perhatian dari pihak pemerintah kabupaten Donggala.

Akibat jalan yang berlubang-lubang itu, banyak pengguna kendaraan keluar dari jalan badan. Tindakan itu menyebabkan debu bagi warga masyarakat yang berada di sekitar jalan. Situasi itu makin parah karena dalam 5 tahun terakhir aktivitas lalu lintas di jalan tersebut semakin meningkat.

Warga desa Labuan Panimba sendiri heran dengan sikap abai pemerintah terkait perbaikan jalan itu. Pasalnya, di desa ini ada duah bangunan pemerintah yang berstandar nasional, yakni Sekolah Polisi Negara (SPN) dan Laboratorium Kesehatan Lokalitbang. Keduanya sering dikunjungi oleh kendaraan pemerintah pusat.

Kepala Desa Labuan Panimba mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkali-kali mengusulkan perbaikan jalan. Menurutnya, usulan perbaikan jalan ini diusulkan dalam musrembang setiap tahunnya. Bahkan, setiap kali ada pertemuan dengan pemkab donggala juga DPR Kab.Donggala, usulan tersebut selalu disampaikan. Namun, sampai sekarang belum ada respon dari usulan tersebut.

Untuk diketahui, aksi penanaman pohon di tengah jalan rusak yang digelar oleh warga desa Labuan Panimba ini juga dilakukan dalam rangka peringatan Hari Agraria Nasional. Aksi sendiri masih berlanjut hingga hari ini.

Masyarakat bersikeras akan terus melakukan aksi ini sampai Pemerintah Kabupaten Donggala memenuhi tuntutan mereka.

Selain menuntut perbaikan jalan, warga desa Labuan Panimba yang mayoritas petani ini juga menuntut kepastian hukum atas kepemilikan lahan mereka. Pasalnya, setelah berjuang bersama Serikat Tani Nasional (STN) sejak tahun 2001 lalu untuk merebut lahan eks erfpacht, tetapi kepemilikan lahan tersebut belum punya kepastian hukum.

Hajalia Somba

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut