Penyewa Lahan Bekas HGU PT. Sahang Minta Bantuan Marinir Hadapi Petani

Petani dari tiga kampung, yaitu Padang Ratu, Surabaya dan Sendang Ayu, yang sejak kemarin melakukan aksi pendudukan lahan Ex PT. Sahang, melakukan dialog dengan salah seorang penyewa lahan tersebut, Haji Anas.

Haji Anas, yang merupakan Kepala Kemitraan PTPN 7 PPKS BEKRI, tetap bersikukuh bahwa tanah yang dikuasainya sudah disewa dari pengusaha PT. Sahang dan lokasinya pun berada di luar HGU.

Akan tetapi, para petani berhasil menunjukkan bahwa lokasi yang diklaim oleh Haji Anas berada di dalam lokasi HGU berdasarkan peta situasi omor 32/1984.

Selain itu, berdasarkan pengakuan Haji Anas, pihaknya hanya menguasai sekitar 10 Ha dari lahan tersebut dan sisanya dikuasai oleh seorang oknum komandan Marinir.

Haji Anas pun mengancam jika para petani merobohkan tenda dan menghentikan aktivitas di atas lahan, maka pihaknya akan memobilisasi anggota marinir untuk menyerang para petani.

Bahkan, Ia menegaskan bahwa pasukan marinir ini akan melakukan tindakan apapun terhadap petani, meskipun kemungkinan akan dijaga oleh petugas kepolisian.

Petani akan melawan

Para petani menyatakan tidak akan mundur dengan adanya ancaman dari Haji Anas dan rencana pengerahan pasukan marinir.

Sekretaris Partai Rakyat Demokratik (PRD) Lampung, Rahmad, yang berada di lokasi bersama para petani, menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan perlawanan seandainya pasukan marinir akan datang menyerang petani.

Rahmad pun meminta agar Kepolisian segera bertindak cepat untuk mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk tindakan sewenang-wenang anggota marinir terhadap para petani.

“Tanah ini adalah milik petani. PT. Sahang justru telah menipu petani dan merampas lahan ini selama puluhan tahun. Kalau pasukan marinir menyerbu petani, maka itu merupakan kejahatan dan pelanggaran yang tidak dapat diampuni,” katanya.

Sampai berita ini diturunkan, para petani masih bertahan di lokasi dan berencana akan terus melakukan aktivitas pengelolaan dan penanaman di atas bekas HGU PT.Sahang tersebut.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut