Pelatihan Agraria pun Dibubarkan

Pelatihan agraria yang diselenggarakan oleh Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) di Sambirejo, Sragen, Jawa Tengah, terpaksa berhenti di tengah jalan.

Pasalnya, aparat kepolisian dari Polsek Sambirejo langsung menghentikan kegiatan itu pada Sabtu (28/5/2016) lalu. Tidak hanya itu, polisi juga menahan Koordinator KPA Wilayah Jawa Timur, Ubed Anom, beserta dua aktivis petani lainnya.

“Mereka bertiga dijemput paksa. Saat kejadian tengah berlangsung Pelatihan Reforma Agraria dan Pemetaan Partisipatif Anggota KPA se-Jawa Tengah-Yogyakarta. Pelatihan ini telah berlangsung sejak Senin (24/5) lalu,” demikian penjelasan Sekretaris Jenderal KPA, Iwan Nurdin, di Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Iwan mengungkapkan, selain menangkap tiga orang, polisi juga menyita dan membawa pergi peralatan pelatihan, seperti seperti GPS, sepeda motor dan alat tulis dan kertas plano.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan, polisi menghentikan kegiatan pelatihan agraria dan pemetaan partisipatif tersebut karena tiga alasan: satu, mengadakan pelatihan tanpa ada surat pemberitahuan ke kepolisian setempat; kedua, melakukan pemetaan tanpa surat resmi dari kejaksaan; dan ketiga, polisi bertindak atas laporan dari pihak PTPN IX Sambirejo.

Iwan mempertanyakan sikap polisi yang dinilai mengada-ada. Pasalnya, sangkaan pertama bahwa pelatihan harus mendapat izin tidak pernah diatur undang-undang. “Itu aturan dari mana, demonstrasi aja enggak pakai izin, hanya pemberitahuan,” kata dia.

Demikian pula dengan izin dari kejaksaan yang juga tidak ada aturannya. Namun yang paling mengherankan adalah alasan polisi bahwa penangkapan itu karena ada laporan dari perkebunan. “Nah, sejak kapan polisi dapat perintah dari (perusahaan) perkebunan?” tanyanya.

Padahal, menurut Iwan, pelatihan itu adalah pelatihan pemetaan partisipatif untuk mengajak masyarakat bisa memetakan lahan dengan berbagai peralatan, seperti GPS, peta, dan menentukan koordinat. Artinya, tak ada materi yang bisa dituding meresahkan pihak lain.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut