Paraguay: Forum Sosial Amerika Ke-4 Dimulai

Asuncion: Forum Sosial Amerika ke-4, yang diikuti oleh gerakan social di Amerika latin dan seluruh dunia serta jaringannya telah dibuka pada hari Rabu dengan aksi massa dan seremoni budaya dan politik.

Acara ini, yang berlangsung setiap dua tahun, akan menjadi tempat utama untuk pembangunan agenda kerakyatan dan dunia yang baru, dengan ide bahwa dunia lain adalah mungkin dan diperlukan.

Sedikitnya 10.000 orang dari berbagai organisasi kerakyatan dan gerakan social, dengan berbagai platform dan organisasinya ambil bagian dalam acara yang dilangsungkan di ibukota Paraguay, Asuncion, dari 11 hingga 15 agustus mendatang.

Sebelumnya, forum ini berlangsung di Quito, di tahun 2004 (Ekuador), Caracas di tahun 2006 (Venezuela), dan Ciudad de Guatemala di tahun 2008 (Guatemala) dan sekarang ini di Paraguay, untuk memperkuat pertukaran pengalaman, perjuangan, fikiran kritis dan alternatif yang sedang tumbuh di apa yang disebut Jose Marti sebagai “amerika kami”.

Berbagai gerakan, organisasi, kepribadian nasional dan internasional dan seniman tamu juga berpartisipasi dalam Forum ini.

Forum social Amerika ke-4 di Paraguay punya tujuan utama dalam berkontribusi dalam pembangunan alternatif terhadap globalisasi neoliberal, dan memfasilitasi koordinasi, pertemuan, dan aliansi diantara gerakan sosial, untuk mempromosikan suatu masyarakat yang lebih demokratis, adil, dan merata berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan.

Forum juga mendorong refleksi kritis pada situasi benua dalam konteks global, mengumpulkan proposal alternatif, memfasilitasi pertukaran pengalaman perjuangan dan perlawanan, dan berkontribusi dalam memperkuat hubungan antara jaringan dan gerakan sosial di benua amerika.

Peserta dalam forum ini akan membahas capaian dan tantangan dalam proses perubahan di berbagai belahan dunia, strategi imperialisme melalui dominasi dan militerisasi, dan alternatif bagi perlawanan massa rakyat, diantara isu penting lainnya.

Topik lainnya adalah mempertahankan dan mentransformasikan keadaan dan jalan hidup melawan predator kapitalisme, dan hegemoninya; kebudayaan, komunikasi, pengetahuan, dan pendidikan.

Lebih dari 350 aktivis organisasi tersendiri dan 10 panel utama akan berlangsung dalam 4 hari perdebatan dan refleksi di forum ini.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut