Masalah Sampah Picu Perlawanan Di Italia

NAPOLI: Buruknya penanganan sampah di sejumlah kota di Italia, seperti Terzigno, memicu demonstrasi besar warga. Ratusan orang dilaporkan terlibat bentrokan dengan polisi di Terzigno, kota kecil dekat Napoli.

Enam polisi dilaporkan terluka ketika ratusan pengunjuk rasa bentrok dengan polisi Sabtu larut malam di Terzigno, di dekat tempat pembuanan sampah yang direncanakan di kaki Gunung Vesuvius, yang terletak dalam sebuah taman nasional.

Selama beberapa tahun terakhir, Italia terus dipersalahkan terkait buruknya pengelolaan sampah di negeri Sphagetti tersebut.

Komisaris urusan Lingkungan Hidup, Janez PotoDìnik, mengatakan, Italia sudah diperingatkan sejak tahun 2007 dan terancam mendapatkan sanksi jika tidak mematuhi ketentuan Uni-eropa terkait pengelolaan sampah.

Terzigno, dekat Napoli, warga mengeluhkan bau busuk dan limbah beracun dari sampah.

Respon Pemerintah

Perdana Menteri Eropa Silvio Berlusconi menjanjikan akan segera mengakhiri krisis terkait pengelolaan sampah ini.

Ia berencana akan mengeluarkan 14 juta euro untuk meningkatkan kondisi tempat pembuangan sampah di Terzigno dan memberikan kompensasi kepada masyarakat setempat.

Namun, warga masih tetap kurang percaya dengan janji-janji pemerintah itu. Pasalnya, persoalan ini sudah lama dikeluhkan dan telah berlarut-larut.

Ada yang mengatakan, buruknya pengelolaan sampah di sejumlah kota disebabkan oleh korupsi dan mafia.

Di Terzigno, pemerintah setempat menyalahkan mafia sebagai penyebab dari buruknya pengelolaan sampah ini. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags: