LMND Unhas Dirikan Posko Tolak Kenaikan BBM

MAKASSAR (BO): Tiada hari tanpa aksi protes kenaikan BBM di Makassar. Berbagai organisasi pergerakan, dengan metode aksinya masing-masing, terus menggelorakan suara perlawanan terhadap kebijakan rejim SBY tersebut.

Seperti siang tadi, 30-an aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Komisariat Unhas menggelar aksi massa. Berbeda dengan kelompok lain, LMND Unhas memilih menggelar aksi massa di depan kampusnya.

Harapannya, aksi di depan kampus itu bisa ‘menyeret’ keikutsertaan mahasiswa yang lain. Maklumlah, sebagian besar mahasiswa masih sibuk dengan urusan kuliah dan bersikap apatis dengan persoalan bangsa.

Sejak posko dibuka siang tadi, aktivitas posko adalah menggelar “mimbar bebas”. Para aktivis LMND bergantian menggelar orasi. Aksi ini bertambah semarak dengan kehadiran aktivis Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (Jaker).

Aktivis LMND juga menggelar aksi teatrikal. Seorang mahasiswa, yang ditunjuk memerankan rakyat jelata, bertelanjang dada dengan kaki dan tangan yang terikat. “Ini untuk menggambarkan penderitaan rakyat akibat kenaikan BBM,” ungkap Makbul Muhammad, ketua LMND Sulsel.

Siapkan Pentas Seni Dan Mogok Makan

Posko ini sudah menyiapkan sejumlah agenda. Sabtu besok (10/3/2012), mahasiswa akan membuat pentas seni. “Kita mau mengkampanyekan penolakan kenaikan BBM melalui panggung seni,” kata Makbul.

Sementara pada hari Senin (11/3/2012) lusa, posko ini akan menggelar aksi mogok makan menentang kenaikan harga BBM. Sejumlah relawan, umumnya anggota LMND, sudah mempersiapkan diri untuk aksi mogok makan itu.

Selain itu, setiap hari akan dilakukan pembagian selebaran kepada mahasiswa dan masyarakat umum. Posko ini juga terbuka sebagai tempat konsolidasi, diskusi, dan pusat informasi perihal protes kenaikan BBM.

Adi Iskandar

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut