Dukung Perjuangan Petani, Aktivis Buruh Diskorsing

Thomas Untung Ribut, 40 tahun, aktivis Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), diskorsing oleh perusahaan tempatnya bekerja lantaran ikut bersolidaritas dalam aksi petani Jambi.

“Sebelum mengikuti aksi solidaritas dengan petani, kawan Thomas sudah mengajukan ijin ke perusahaan. Dan dia diberi ijin. Tetapi belakangan perusahaan malah melarang dia bekerja,” kata Ketua KASBI Sumsel, Suyono, di Palembang, Kamis (3/1/2013).

Thomas sendiri adalah buruh di PT. Wilmar. Dia mendapat surat skorsing sejak tanggal 1 Januari lalu. Tetapi di surat itu tidak dicantumkan batas waktu dari skorsing tersebut.

Menurut Suyono, aksi solidaritas KASBI untuk petani Jambi adalah bentuk solidaritas antar sesama rakyat tertindas di Indonesia. “Kami merasa, kaum buruh dan kaum tani Indonesia sama-sama ditindas oleh imperialisme dan kapitalisme. Makanya kami harus berjuang bersama,” tegasnya.

KASBI Sumsel sendiri sudah meminta pihak PT Wilmar agar segera mencabut skorsing tersebut. “Kalau skorsing tidak dicabut, maka kami akan melakukan aksi pemogokan,” katanya.

Merespon kasus skorsing terhadap aktivis KASBI ini, sejumlah organisasi pergerakan di Sumsel berencana melayangkan surat protes bersama, diantaranya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Partai Rakyat Demokratik (PRD), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), Front Perlawanan Rakyat, dan Front Anak Bangsa Menggugat (FRABAM).

Selain itu, organisasi-organisasi yang bernaung di bawah Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 di atas akan menggelar aksi massa untuk menekan pihak PT Wilmar agar segera mencabut surat skorsing.

Untuk diketahui, KASBI Sumsel bergabung dalam aksi solidaritas untuk petani Jambi yang sedang menggelar aksi jalan kaki (long march) dari Jambi menuju Jakarta. Begitu petani Jambi melintasi wilayah Sumsel, sejumlah aktivis KASBI, termasuk Thomas, ikut berjalan bersama petani.

Fuad Kurniawan

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • solidaritas, ayo terus bersolidaritas, jangan pernah kendur melemah untuk bersolidaritas !