Catatan Ketua Umum PRD: Agar Rakyat Masih Punya Harapan

“Jika belum mampu memberi, janganlah mengambil sesuatu yang sudah dinikmati rakyat!”

Setahun sudah Pemerintahan ini berjalan, tetapi wujud perubahan yang diharapkan oleh rakyat sejak Pemilu Presiden belum nampak dan belum dirasakan.

Program besar, seperti Trisakti dan Nawacita, seolah mati suri, yang dikerjakan justru bertolak belakang dengan agenda tersebut, misalnya:

Pertama, hutang luar negeri kian menumpuk, import bahan makanan, kerja sama yang berpotensi merugikan negara seperti TPP.

Kedua, manuver politik yang dilakukan pejabat negara, seperti program Bela Negara, kasus Pelindo, Surat Edaran Kapolri tentang “Hate Speech”, perdebatan antar Menteri, tentang Freeport, penanganan asap dan lain-lain.

Ketiga, pencabutan subsidi BBM, rencana pencabutan subsidi gas 3 kg, pencabutan subsidi listrik untuk pelanggan 900 VA dan 450 VA, naiknya tarif kereta api di tengah krisis ekonomi saat ini semakin membebani kehidupan rakyat yang sudah sangat berat.

Hal inilah yang menyebabkan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah kian menurun.

Rakyat butuh bukti atas janji yang sudah pernah disampaikan pada waktu Pilpres, agar hidup memiliki harapan.

Industri Nasional harus segera dibangun, terutama di sektor pangan dan energi, agar pembangunan infrastruktur berupa jalan, pelabuhan, bandara, dan lain-lain, tidak hanya menjadikan tanah air kita sebagai obyek pengambilan bahan mentah serta obyek pemasaran barang dari luar negeri.

Melihat situasi seperti ini, pada akhirnya kita membutuhkan haluan, landasan serta filosofi dalam berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan jatidiri bangsa kita.

Jika Pemerintahan Jokowi-JK belum mampu memberikan apa-apa, sesuatu yang sudah dinikmati masyarakat seperti subsidi BBM, gas, listrik, transportasi dan lain-lain, janganlah diambil untuk alasan apapun.

Berikanlah kegembiraan kepada masyarakat di tengah pengapnya ekonomi dan politik yang memuakkan saat ini.

Karena kekuasaan akan berdiri hanya jika masyarakat yang dipimpinnya masih memegang teguh kepercayaan itu.

Salam Gotong Royong

Agus Jabo Priyono, Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut