Buruh PT. Cosmo Technology Mogok Kerja

Ribuan buruh PT. Cosmo Technology menggelar aksi massa dan mogok kerja di kantor perusahaan mereka di jalan Karang Tengah Cibadak, Sukabumi, kemarin (24/2). Aksi para buruh ini menuntut kenaikan gaji sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR) Kabupaten Bekasi.

Aksi ini dimulai sejak pagi hari, sekitar pukul 07.30 WIB. “sampai saat ini upah buruh di perusahaan ini masih Rp.770.000, padahal UMR Kab Sukabumi yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat adalah Rp.850.000” ungkap Fatimah (23Thn), salah satu karyawan di perusahaan ini.

Bukan hanya kenaikan gaji, para buruh juga menuntut agar perusahaan memberikan kesempatan kepada karyawan yang beragama islam untuk melakukan sholat Ashar dan Jum’at, membayar jam kerja lembur sesuai dengan peraturan, dan penghentian intimidasi kepada karyawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Berdikari Online, pihak pengusaha menganggap para pekerja sudah menandatangani surat penangguhan kenaikan gaji.

Akan tetapi, pernyataan pengusaha tersebut langsung dibantah oleh pihak pekerja. “memang benar kami menandatangani surat, tetapi itu dilakukan dengan penuh manipulasi dan kebohongan,” ujar Panji, salah seorang buruh saat menggelar orasi di depan kawan-kawannya.

Menurut Panji, mereka dipaksa menandatangani sebuah surat. Mereka yang tidak bertanda-tangan diancam akan di-PHK. Disebutkan bahwa surat yang ditandangani tersebut adalah PO ekspor, tetapi belakangan diketahui bahwa surat tersebut adalah surat penangguhan gaji.

Pasca penandatangan surat tersebut, para buruh terus menerus mendapatkan tekanan dan intimidasi agar tidak melawan pihak pengusaha, apalagi menuntut kenaikan gaji.

Aksi para buruh ini berlanjut hingga sore hari, yang dilanjutkan oleh buruh shift ke-II, sekitar pukul 13.45 WIB. Meskipun buruh sudah melakukan pemogokan di depan pintu kantor perusahaaan, tetapi pihak penguasaha atau perwakilannya tidak juga menemui massa aksi.

Pihak buruh berjanji akan terus melakukan pemogokan, hingga pengusaha mengajak bertemu dan memenuhi tuntutan mereka.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut