Buruh dari 50 Negara Akan Hadiri Hari Buruh Se-dunia Di Kuba

Sedikitnya 1000-an buruh dari 50 negara di dunia dipastikan hadir dalam perayaan Hari Buruh Se-dunia di Kuba, pada tanggal 1 Mei 2011 mendatang. Para buruh itu akan berbaris bersama jutaan rakyat Kuba lainnya.

Menurut Sekjend Konfederasi Pekerja Kuba, Salvador Valdes Mesa, perayaan Hari Buruh di Kuba tahun ini akan dirayakan secara besar-besaran, terutama untuk menghormati peristiwa Teluk Babi dan Kongres Partai Komunis ke-VI.

Di Havana, ibukota Kuba, barisan massa kaum buruh akan dipimpin oleh serikat di sektor pendidikan, yang sekaligus memperingati “50 tahun kampanye melawan buta-huruf”, dan lalu ditutup dengan parade besar dari kaum buruh muda yang menyatakan dukungan penuh terhadap revolusi sosialis di Kuba.

Selain itu, menurut Valdes Mesa, kaum buruh Kuba akan menyatakan dukunganya terhadap kebijakan ekonomi dan sosial yang baru, dan mencela segala bentuk kejahatan imperialisme AS terkait blokade terhadap Kuba.

Isu lain yang akan diangkat dalam perayaan ini adalah solidaritas dan seruan pembebasan terhadap lima pejuang (cuban five) anti-teroris Kuba yang ditahan secara tidak adil oleh Amerika Serikat selama 12 tahun. Kelima pejuang Kuba itu adalah Gerardo Hernández, Ramón Labañino, Fernando González, Antonio Guerrero dan René González.

Setiap tahunnya, perayaan Hari Buruh Sedunia selalu dirayakan secara besar-besaran di Kuba. Perwakilan pekerja dari berbagai negara diundang untuk mengikuti longmarch pekerja di kota Havana.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • abay

    saatnya Kaum mayoritas yang Memimpin Dunia ini , Buruh sedunia bersatu tak terkalahkan .. !!!!

    Bravo ..!