Blok Negara-Negara Neoliberal Terbentuk Di Amerika Latin

Jika negara-negara progressif di Amerika Latin sudah membentuk Aliansi Bolivarian untuk Alternatif Amerika Latin (ALBA), maka negara-negara berhaluan neoliberal baru saja membentuk aliansi bernama “Aliansi Pasifik”.

Aliansi ini ditantangani oleh pemerintah Kolombia, Chile, Peru, dan Meksiko, pada hari Rabu lalu (27/4). Mereka bersepakat untuk membangun integrasi di dalam perdagangan bebas dengan Amerika Serikat.

Perjanjian ini, sering disebut perjanjian “Lima”–karena berlangsung di kota Lima, Peru, ditandangani oleh Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, Presiden Peru Alan Garcia, Presiden Chile Sebastian Pinera, dan Presiden Meksiko Felipe Calderon.

Dalam sebuah dokumen perjanjian disebutkan bahwa negara-negara ingin membangun integrasi regional pasifik di dalam Amerika Latin, yang terdiri dari negara-negara yang berada di samudera pasifik.

Proposal itu juga berisikan ide yang menginginkan secara cepat adanya pergerakan barang, jasa, modal, dan orang tanpa terkendali.

Langkah pertama akan memfasilitasi adanya migrasi penduduk, termasuk juga nantinya kerjasama kepolisian, perdagangan, dan integrasi.

Setiap isu akan digarap oleh sebuah tim teknis dan setiap proses terdiri draft kerangka perjanjian yang didasarkan pada “perjanjian perdagangan bebas” diantara negara-negara ini dengan Amerika Serikat.

Kerangka perjanjian lanjutan akan dibahas dalam pertemuan lanjutan di Meksiko pada Desember tahun 2011, dan pararel dengan itu, proses interkoneksi listrik dan proyek fisik akan segera dipromosikan.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut