10 Hal Yang Mungkin Anda Belum Ketahui Dari Perang Vietnam

vietnam-in-hd-

Perang Vietnam merenggut jutaan nyawa rakyat Vietnam. Ini merupakan pengorbanan rakyat Vietnam melawan agresi negara imperialis terkuat di dunia, Amerika Serikat.

Perang tersebut berlangsung dari tahun 1955 hingga tahun 1975. Di Vietnam, perang tersebut dinamai ‘perang melawan AS untuk menyelamatkan bangsa’.

Amerika Serikat, yang memiliki senjata berteknologi paling maju dan senjata kimia pada saat itu, melakukan kekejaman mengerikan yang masih terus berdampak terhadap rakyat Vietnam hingga hari ini.

  1. Lebih dari 2 juta rakyat sipil Vietnam terbunuh. Kemudian diperkirakan 1 juta pejuang Vietnam gugur dalam perang tersebut. (Nick Turse, penulis buku “Kill Anything That Moves”)
  2. Lebih dari 2,6 juta tentara AS diterjunkan dalam perang tersebut, dimana 58.000 diantaranya tewas di medan peperangan. (Kementerian Pertahanan Amerika Serikat)
  3. Pesawat militer AS menurunkan antara 5 juta hingga 7,8 juta peralatan perang selama perang Vietnam (Hasil penelitian Kongres AS tahun 2014)
  4. Jumlah amunisi yang ditembakkan per tentara selama perang Vietnam adalah 26 kali lebih banyak dibanding selama perang dunia ke-2 (Nick Turse, penulis buku “Kill Anything That Moves”)
  5. Diperkirakan ada 800.000 ton senjata atau amunisi yang tidak meledak, atau disebut juga unexploded ordnance (UXO), yang tersisa dari perang Vietnam, termasuk bom dan ranjau darat, yang tersebar di hampir 20 persen wilayah negeri itu dan 5 persen diantaranya adalah daerah/lahan subur. Rakyat Vietnam menjadi korban dari UXO ini sejak berakhirnya perang, termasuk korban meninggal yang diperkirakan mencapai 35.000 orang. (Hasil penelitian Kongres AS di tahun 2014)
  6. Biaya perang Vietnam mencapai 173 milyar US dollar, atau setara dengan 730 milyar US dollar untuk nilai dollar di tahun 2013. (Departemen Pertahanan AS)
  7. Militer AS menyemprotkan sekitar 11-12 juta galon senjata kimia, agent of orange, di hampir 10 persen wilayah Vietnam Utara sepanjang tahun 1961 hingga 1971. Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa antara 2,1 juta jiwa hingga 4,8 juta jiwa rakyat Vietnam terkena dampak secara langsung oleh senjata kimia tersebut, yang menyebabkan kanker pernapasan dan cacat kelahiran. (Hasil penelitian Kongres AS tahun 2014)
  8. Untuk memotivasi pasukannya agar membunuh lebih banyak per orang, diadakan kompetisi antara unit/kesatuan untuk melihat yang paling banyak membunuh. Hadiah untuk pembunuh terbanyak, ditampilkan di ‘papan pengumuman’, termasuk di beri hari libur dan tambahan bir. Sementara komandan mereka akan mendapat promosi kenaikan pangkat dengan cepat. (Nick Turse, penulis buku “Kill Anything That Moves”, yang menulis untuk BBC)
  9. Setelah kekalahan militer AS di perang Vietnam, AS tidak menyerang negara lain hingga serangan militer terhadap Grenada di tahun 1983.
  10. Che Guevara, yang terinspirasi oleh perlawanan nasional rakyat Vietnam, mengeluarkan seruannya yang terkenal: “ciptakan satu, dua..banyak Vietnam,” sebagai cara untuk melemahkan kekuatan militer AS.

Diterjemahkan dari: teleSUR / mh-LB

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut