Warga Talang Cempedak Protes Perampasan Lahan Berkedok Koperasi

Ratusan warga Talang Cimpedak, kecamatan Jejawi, kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang tergabung Persatuan Petani Talang Cimpedak dan Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 (GNP 33 UUD 1945) menggelar aksi protes di kantor Bupati setempat, Sabtu (28/5/2016).

Dalam aksinya, warga memprotes perampasan lahan milik warga berkedok koperasi. Mereka menuntut Pemkab OKI memfasilitasi pengembalian lahan milik warga tersebut.

Koordinator aksi Andi menceritakan, pada tahun 1992 seorang perempuan bernama Hesti datang ke Talang Cimpedak dan menawarkan pendirian koperasi.

“Warga yang punya lahan diminta menyerahkan lahannya untuk ditanami sawit. Dan warga sebagai anggota koperasi. Warga pun menyerahkan surat tanah dan KTP,” jelasnya.

Saat itu, kata Andi, anda 80 hektar lahan warga yang diserahkan kepada Hesti. Namun, pada tahun 1994, Hesti menjelaskan bahwa koperasi dibubarkan karena tidak berjalan.

Kemudian, pada tahun 1997, warga menanyakan status kepemilikan lahan kepada Hesti. Tetapi Hesti mengatakan, lahan tersebut sudah berganti kepemilikan dan bersertifikat.

“Kami menuntut agar tanah kami dikembalikan. Kami tidak mau dibodohi lagi,” kata Andi dalam orasinya.

Dalam aksi tersebut, perwakilan warga diterima oleh Wakil Bupati OKI, HM Rifa’i SE. Dia menjanjikan akan mempertemukan petani dengan pihak Hesti untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Jaimarta

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid