Tolak Cagub Penggusur, Ribuan Rakyat Miskin Datangi Kantor PDIP

Ribuan rakyat miskin Jakarta yang tergabung dalam Front Wong Cilik Bicara mendatangi kantor DPP PDI Perjuangan di jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Dalam aksi tersebut, rakyat miskin meminta PDI Perjuangan, dalam hal ini Ketua Umumnya, Megawati Sukarnoputri, untuk tidak mencalonkan politisi tukang gusur sebagai calon gubernur dari PDIP di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun 2017.

“Sebagai partai wong cilik, tidak seharusnya PDI Perjuangan mengusung politisi tukang gusur sebagai calon gubernur di Pilgub mendatang,” kata salah seorang jurubicara aksi, Herry Soenandar.

Menurut Herry, penggusuran terhadap rakyat miskin, apalagi tidak disertai dengan solusi yang manusiawi, bertentangan dengan semangat konstitusi. Padahal, kata dia, setiap warga negara berhak punya tempat tinggal yang layak.

Sekretaris Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) DKI Jakarta ini kemudian merujuk pada penggusuran yang marak dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurut data, sepanjang tahun 2015, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan 113 kali penggusuran, yang mengorbankan sekitar 8.145 Kepala Keluarga dan 6.283 Unit Usaha.

Herry berharap, pemerintahan Jakarta kedepan tidak melanjutkan model pembangunan yang menyingkirkan rakyat miskin seperti sekarang ini. Untuk itu, sebagai partai pemilik kursi terbanyak di DKI Jakarta, sudah saatnya PDIP mengusung Cagub yang membela wong cilik.

Dalam aksi tersebut, puluhan delman yang keberadaannya makin tersingkirkan di Ibukota juga turut berbaris di tengah-tengah massa aksi.

Front Wong Cilik Bicara merupakan gabungan dari Forum Komunikasi Tanah Merah Bersatu (FKTMB), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) dan AMARES.

Juga hadir warga dari berbagai Forum Warga (FW), seperti Kebon Jeruk, Pademangan, Tambora, Lenteng Agung, Kelapa Gading, Kedoya Utara, Gambir, Penjaringan, Pejagalan, Cawang, Kramat Jati, Rumah Susun Rawa bebek, Muara Baru, Kembangan, Pesing, Guji Baru, Petamburan, Tanah Merah Jakarta Utara, Cilincing dan Kebayoran.

Bagus Noroyono

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid