Tarian Cakalele Warnai Aksi Menangkan Pancasila di Halmahera Utara

Tari Cakalele, tarian khas masyarakat Maluku Utara, dipertunjukkan dalam aksi Posko Menangkan Pancasila di Halmahera Utara, Maluku Utara, Sabtu (3/2/2018).

Meski hanya satu orang penari, tetapi tarian ini cukup menarik perhatian masyarakat yang berada di kampus Politeknik Perdamaian Halmahera, tempat aksi ini digelar oleh belasan aktivis Posko Menangkan Pancasila Halut.

Koordinator aksi Fen Budiman mengatakan, aksinya digelar untuk mengingatkan pemerintah agar fokus mengatasi persoalan kebutuhan dasar rakyat, khususnya pangan, energi, pendidikan dan kesehatan.

“Seperti kenaikan harga sembako akhir-akhir ini, itu sangat memukul rakyat kecil, terutama perempuan,” ujarnya.

Menurut Fen, kebijakan pemerintah menghapus subsidi sejumlah kebutuhan dasar, seperti BBM, listrik dan gas elpiji, cukup menambah beban ekonomi masyarakat berpendapatan menengah ke bawah.

Ditambah lagi, lanjut dia, pemerintah menyerahkan urusan pangan pada mekanisme pasar. Akibatnya, harga sejumlah kebutuhan pangan, seperti beras, daging dan cabai, selalu meroket meskipun di luar momentum hari besar.

Posko Menangkan Pancasila Halut dipelopori oleh Partai Rakyat Demokratik (PRD), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan Aksi Perempuan Indonesia (API) Kartini.

Juga melibatkan sejumlah organisasi lokal, seperti Forum Mahasiswa Anak Tobelo (FORMAT), Forum Pelajar Loloda Halbar (FPLH), Barisan Solidaritas Gerakan Muda (BSGM), Persatuan Pelajar Mahasiswa Ibu (PPMI) dan Komunitas Belajar Halut (KABAR).

Muhammad Idris

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid