Sejumlah Parpol Deklarasikan Forum Komunikasi Politik Kota Semarang

Semarang, Berdikari Online – Sejumlah partai politik di Kota Semarang mendeklarasikan Forum Komunikasi Politik (FKP) Kota Semarang. Mereka adalah parpol non parlemen, yang artinya tidak mempunyai wakil di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), yakni Hanura, Prima, Ummat, Gelora, PBB, PKN, Garuda, dan Buruh. Selain itu ada pula partai parlemen, PSI. Deklarasi ini dilakukan pada Kamis, ( 13/6) malam di Hotel Quest Prime Semarang.

Menurut Ketua FKP, Melly Pangestu, forum ini bertujuan untuk membangun komunikasi antar parpol di Kota Semarang, terutama menyikapi Pilwalkot Semarang 2024. Ketua PSI Kota Semarang itu juga menyampaikan bahwa dasar alasannya adalah membangun kerukunan politik antar parpol yang harapannya dapat memberi dampak sama bagi warga Kota Semarang.

“Harapannya pilwalkot mendatang dapat berlangsung sejuk, damai, tanpa menimbulkan gesekan politik. Ini merupakan catatan berharga dalam kontestasi pemilu di Kota Semarang, bahwa partai politik dapat menjadi teladan bagi anggota, simpatisan, kader, dan masyarakat umum untuk mengedepankan kerukunan, bukan semata-mata persaingan politik,” ujar Melly.

Ia menambahkan, sebenarnya forum ini juga terbuka untuk parpol apapun lainnya yang belum tergabung. Menurutnya, masih ada beberapa parpol yang ingin untuk bergabung, namun masih menunggu keputusan internal mereka. “Sedangkan forum ini sendiri,” katanya,” mencairkan koalisi-koalisi parpol pengusung pada pilpres lalu.”

Sementara Sekretaris FKP, Tomy YS dari Prima Kota Semarang menambahkan, forum ini tidak mengikat anggotanya untuk mendukung bakal calon wali kota/wakil wali kota tertentu. Ia menjelaskan, jika nantinya para bakal calon yang ada mendapatkan rekomendasi, anggota FKP dibebaskan untuk mendukung siapapun dan berkoalisi dengan parpol apapun.

“Forum ini bukan koalisi parpol pendukung paslon untuk pilwakot. Masing-masing dibebaskan mendukung siapa dan berkoalisi dengan parpol apapun. Seperti partai kami sendiri sudah memastikan dukungan kepada salah satu bakal calon, tapi ya kami diberi kebebasan juga oleh forum ini. Begitupun juga parpol anggota FKP lainnya jika nantinya sudah memastikan dukungan mereka,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa sosok bakal calon wali kota/wakil wali kota untuk Pilwakot Semarang 2024 sudah banyak bermunculan. Di antaranya seperti petahana Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Ita, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya atau Yoyok Sukawi, Ade Bhakti Ariawan, dan Iswar Aminuddin. Namun semua bakal calon yang ada sejauh ini masih menunggu rekomendasi dari parpol parlemen untuk turun berkontestasi politik November nanti.

(Supri)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid