Peluncuran dan Bahas Buku Ritus Panjang Untuk Simon Karya Martin Aleida

Jakarta, Berdikari Online – Martin Aleida, penulis cerpen produktif, langganan penghargaan cerpen Kompas, kali ini akan meluncurkan Novel; bertempat di Beranda Rakyat Garuda, Jl. Pinang Ranti II No.40 & 3, RT.15/RW.1, Kp. Makasar, Jakarta Timur pada Hari Jumat, 15 Desember 2023 pukul 14:30-17:30.

“Novel pendek, 107 halaman, ini berkisah tentang seorang aktivis yang ditembak, tak kena, melarikan diri dan bersembunyi di gua selama tiga tahun,” ungkap Martin melalui release yang dikirim melalui WhatsApp.(12/12)

Lebih lanjut disampaikan Martin Aleida: “Penduduk yang merasa seperti kehilangan seorang ‘nabi’ memberinya makan dengan berteriak berpura-pura melemparkan umpan untuk ternak.

Mimpi datang tak pernah diundang. Di antara rangkaian mimpi yang hinggap pada Simon adalah ketika kawanan paus berkerumun dan melayarkan pulau kering-kerontang tempatnya lahir dan berjuang. Tokoh kita didamparkan ke mulut gua Luweng di Gunung Kidul. Di perut gua itu Simon menemukan komunitas manusia; mereka yang ternyata selamat ketika kekuasan melemparkan jasad para korban ke lubang yang angker, dalam, dan tumpah ke Lautan Hindia itu.

Tiga tahun kemudian, ketika suasana mulai aman, Simon dijemput keponakannya. Namun, tiba di kampung halamannya dia merasa lebih damai hidup di gua, karena dia dikenakan wajib lapor. Sementara KTP bercap ET yang nongkrong di sakunya, dia rasakan seperti besi merah yang dipatrikan di punggung sapi, yang terus menempel sepanjang jalan menuju pejagalan.”

Pembahasan Novel Martin ini akan dimoderatori Eka Budianta dengan menghadirkan pembahas: Baskara T. Wardaya, Shinta Miranda, Mirisa Hasfaria, F. Rahardi dan Tamrin Amal Tomagola.

Anda juga bisa memesan Novel “Ritus Panjang untuk Simon” ini melalui pesan WhatsApp di +62 817-4912-128.

Martin Aleida, dilahirkan pada 31 Desember 1943; memiliki nama asli Nurlan. Pernah di penjara Orde Baru karena keterlibatannya di Lembaga Kebudayaan Rakyat (LEKRA). Novelnya yang lain adalah Layang-layang Itu Tak Lagi Mengepak Tinggi-Tinggi.

(AJS)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid