PBB Umumkan Jadwal Pembicaraan Damai Suriah

Utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengumumkan jadwal pembicaraan damai antara pihak-pihak yang terlibat perang di Suriah pada akhir Januari 2016 mendatang di Jenewa, Swiss.

Setelah dua pertemuan sebelumnya di Vienna dan New York, pertemuan kali ini akan mencatat hal baru dengan keterlibatan pemerintahan Suriah dan memposisikan PBB sebagai penyelenggara. Pada dua pertemuan sebelumnya hanya melibatkan negara-negara yang berkepentingan dalam konflik yang telah menelan korban 250 ribu jiwa tersebut.

Mistura menargetkan pertemuan putaran ketiga ini akan berlangsung paling lambat tanggal 25 Januari 2016 dengan melibatkan perwakilan pemerintah, oposisi di dalam negeri dan oposisi di luar negeri.

Pengumuman ini disampaikan menyusul terbunuhnya salah seorang pemimpin kelompok “Tentara Islam” Zahran Alloush di dekat Damascus. Angkatan bersenjata Suriah mengaku bertanggungjawab atas pembunuhan ini yang dikatakan sebagai hasil dari operasi angkatan udaranya.

Dalam dua pertemuan sebelumnya telah disepakati peta jalan damai bagi Suriah yang melibatkan tujuh belas negara, termasuk AS, Rusia, Inggris, Prancis, Turki, Tiongkok, Irak, Yordania, Arab Saudi, Qatar, Oman, Lebanon, Jerman, Iran dan Italia. Turut serta dalam pertemuan itu perwakilan dari Uni Eropa dan PBB.

Hasil pertemuan ini telah diperkuat dengan resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 2254 yang ditetapkan dengan suara bulat tanggal 18 Desember. Ini merupakan resolusi DK PBB pertama yang secara khusus memberikan gambaran solusi politik atas persoalan Suriah. Resolusi ini lah yang memberikan kesempatan yang lebih luas bagi PBB untuk menyelenggarakan pertemuan di Jenewa Junuari mendatang.

Arab Saudi sendiri telah memprakarsai pertemuan seluruh kekuatan “oposisi” di Riyad baru-baru ini. Pertemuan ini menyepakati 34 anggota kesekretariatan yang termasuk akan menunjuk delegasi oposisi dalam perundingan nanti.

teleSUR/Reuters

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Tags: